Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MSG, Tepung, dan Gula Disebut sebagai Musuh Rahim, Benarkah?

Kompas.com - 20/03/2024, 15:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bahan dan tambahan pangan seperti monosodium glutamat (MSG), gula, dan tepung disebut sebagai musuh rahim.

Bahan-bahan yang banyak ditemui dalam makanan cepat saji atau fast food itu pun dinilai perlu dihindari oleh perempuan.

Akun media sosial X (dulu Twitter) @esmilokolaka pada Senin (18/3/2024) mengungkapkan, dibanding makanan pedas, fast food serta makanan tinggi MSG, gula, dan tepung lain lebih berpengaruh terhadap rahim.

"Musuh utama rahim & hormon perempuan itu fast food, MSG, gula, tepung. Yg lg promil & yg mau nikah, better ubah lifestyle dr skrg krn prosesnya ga mudah," tulisnya.

Lantas, benarkah makanan dan bahan pangan tersebut merupakan musuh rahim?

Baca juga: Ciri-ciri Kista Ovarium, Termasuk Kembung dan Sering Buang Air


Berat badan berlebihan musuh rahim

Spesialis obstetri dan ginekologi (obgyn) di RSIA Anugerah Semarang, Irwin Lamtota Lumbanraja mengungkapkan, musuh rahim adalah berat badan berlebih.

"Musuh rahim adalah berat badan berlebihan yang sering sekali disebabkan oleh pola makan yang tidak seimbang," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/3/2024).

Menurut Irwin, makanan cepat saji serta makanan tinggi gula dan tepung merupakan makanan dengan kalori tinggi yang berpotensi menyebabkan kenaikan berat badan berlebih.

Berat badan berlebihan inilah yang dapat mengacaukan keseimbangan hormon perempuan, sehingga pola haid menjadi tidak teratur.

"Haid tidak teratur ini merupakan haid yang tidak subur, dan bila dibiarkan berlama-lama bisa membuat penebalan dinding rahim dan kista fungsional," ujar Irwin.

Namun demikian, dia melanjutkan, konsumsi makanan cepat saji, tinggi MSG, gula, atau tepung dalam porsi wajar tidak langsung berdampak pada rahim.

"Kalau makanan ini dikonsumsi dalam porsi wajar dan tidak berlebihan tidak serta-merta menyebabkan masalah pada rahim," ungkapnya.

Baca juga: Minum Es Saat Haid Disebut Bisa Sebabkan Kista, Benarkah?

Alasan dokter imbau batasi makan fast food

Ilustrasi rahim wanita. Musuh rahim adalah berat badan berlebihan.Shutterstock/Shidlovski Ilustrasi rahim wanita. Musuh rahim adalah berat badan berlebihan.

Irwin menyebut, hingga saat ini belum ada penelitian yang menyatakan jenis makanan tertentu menyebabkan pembentukan kista dan masalah reproduksi pada perempuan.

"Mengapa banyak dokter menyarankan untuk membatasi makanan fast food seperti bakso, seblak, atau roti-rotian karena tinggi kalori tapi cenderung nilai nutrisinya rendah," tuturnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com