Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat Sebut Pasangan Ganjar-Mahfud Miliki Nilai Positif

Kompas.com - 18/10/2023, 18:00 WIB
Aulia Zahra Zain,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD telah resmi ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo.

Hal itu disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDI-P Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023).

“Hari ini Rabu tanggal 18 Oktober 2023, saya dengan mantap, ini saya telah mengambil keputusan semuanya. Saya tunjukkan sebesar-besarnya bagi kepentingan rakyat bangsa dan negara. Karena itulah dengan mengucapkan bismillah hirohmanirrohim maka calon wakil presiden yang dipilih oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan yang akan mendampingi Bapak Ganjar Pranowo adalah Bapak Profesor Doktor Mahfud MD," ucap Megawati, dilansir dari Kompas.com, Rabu.

Diketahui, selain PDI-P, Ganjar yang kini sudah resmi berpasangan dengan Mahfud MD juga diusung sejumlah partai lain, yakni PPP, Partai Hanura, dan Partai Perindo.

Lalu, apa kata pengamat soal pasangan tersebut?

Baca juga: Pidato Lengkap Ganjar Pranowo Usai Gandeng Mahfud MD Jadi Cawapres

Kata pengamat

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing mengatakan, pasangan Ganjar dan Mahfud MD merupakan pasangan yang memiliki sejumlah nilai positif.

“Saya melihat dalam pemasangan ini, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD merupakan suatu pasangan yang mempunyai nilai positif dari berbagai aspek,” ujar Emrus kepada Kompas.com, Rabu (18/10/2023).

Menurut Emrus, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki aspek kapabilitas.

Aspek kapabilitas Ganjar tidak diragukan karena dia telah menjabat menjadi Gubernur Jawa Tengah selama dua periode dan pernah menjadi anggota DPR RI.

“Kemampuan Ganjar Pranowo di bidang kepemimpinan membuat dia dapat memimpin negara karena sudah berpengalaman sebelumnya,” kata Emrus.

Begitu juga dengan Mahfud MD, dinilai Emrus mempunyai kemampuan di bidang penegakan hukum dan pernah menjadi ketua Mahkamah Konstitusi (MK) periode 2018-2013.

Oleh karena itu, keputusan PDI-P memilih Mahfud MD menjadi bakal cawapres Ganjar menurut dia merupakan langkah yang bagus.

Baca juga: Resmi Jadi Cawapres Ganjar, Ini Respons Mahfud MD

Emrus juga berpendapat, pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sangat mumpuni dalam pengalaman berpolitik.

“Kemudian kehebatan lainnya adalah pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengangkat sosok yang menguasai, mumpuni, punya reputasi dan integritas dalam konteks pembangunan dan penegakan hukum di Indonesia,” ujarnya.

Emrus mengatakan, Mahfud MD merupakan sosok yang sangat diterima atau tingkat aksesibilitasnya sangat tinggi.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com