Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Ada Perpanjangan, Peserta CPNS dan PPPK Bisa Cetak Kartu Pendaftaran Mulai 12 Oktober 2023

Kompas.com - 11/10/2023, 18:45 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang mengungkapkan pencetakan Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran seleksi calon aparatur negara (CASN) dimulai 12 Oktober 2023, ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun media sosial TikTok @aditya_mastertutor, Selasa (10/10/2023).

Tampak dalam unggahan, sebuah tangkapan layar halaman resume pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) di situs sscasn.bkn.go.id.

Halaman tersebut menerangkan, peserta baru bisa mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu pendaftaran mulai besok, Kamis (12/10/2023).

"Ada yang sama? Ada yang udah nyetak kartu?" tanya pengunggah.

Hingga Rabu (11/10/2023) siang, unggahan tersebut telah dilihat lebih dari 211.000 kali, disukai 3.800 pengguna, dan diunggah ulang oleh lebih dari 400 warganet TikTok.

Lantas, benarkah peserta baru bisa mencetak kartu pendaftaran mulai besok?

Baca juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023 Ditutup Hari Ini Pukul 23.59 WIB


Kartu Pendaftaran CASN dicetak 12 Oktober 2023

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nur Hasan membenarkan peserta dapat mencetak Kartu Informasi Akun dan Kartu Pendaftaran pada 12 Oktober 2023.

Sebagai informasi, Kartu Informasi Akun adalah tanda bukti pembuatan akun sistem seleksi calon aparatur sipil negara (SSCASN) sebelum mendaftarkan diri dalam seleksi CPNS dan PPPK.

Kartu ini berisi identitas peserta, mulai dari nomor kartu tanda penduduk (KTP), nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, serta tanggal dan jam pembuatan akun.

Setelah peserta berhasil membuat akun di situs sscasn.bkn.go.id, kartu ini dapat langsung dicetak tanpa perlu menunggu pendaftaran selesai.

Sedangkan, Kartu Pendaftaran adalah tanda bukti kepesertaan CPNS dan PPPK, yang meliputi resume peserta, seperti identitas, pilihan formasi, dan syarat administrasi.

Pencetakan Kartu Pendaftaran merupakan bukti telah selesainya proses pendaftaran seleksi CPNS dan PPPK 2023.

"Untuk cetak Kartu Pendaftaran baru bisa dilakukan pada tanggal 12 Oktober 2023," ujar Nur, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (11/10/2023).

Menurutnya, pencetakan kartu tersebut dapat dilakukan selang satu hari dari penutupan pendaftaran seleksi CASN, yakni pada malam ini pukul 23.56 WIB.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com