Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Menjulurkan Lidah dan Lupa Memasukkannya Kembali

Kompas.com - 07/10/2023, 11:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Semua kucing kadang-kadang menjulurkan lidahnya dari waktu ke waktu, atau yang umum disebut sebagai “blepping”.

Blepping mengacu pada tindakan mengeluarkan lidah, biasanya ujungnya, tanpa disadari. Dan kadang kucing tidak memasukkan lidahnya kembali setelah menjulurkannya.

Ini adalah hal yang normal terjadi setelah mereka mereka merawat diri, menjilat, mengeong, atau melakukan aktivitas lainnya.

Perilaku unik ini terlihat lucu dan menggemaskan bagi manusia. Namun, mengapa kucing tidak memasukkan lidahnya setelah dijulurkan?

Baca juga: Mengapa Kucing Buang Air Besar Saat Merasa Sangat Takut?


Dikutip dari laman Cats Protection, banyak kucing yang blepping terutama jika perhatiannya teralihkan selama perawatan diri. Kucing lain bahkan beristirahat atau tidur dengan ujung lidahnya keluar.

Namun, ini juga bisa menjadi tanda masalah medis, terutama jika kucing Anda baru belakangan ini mulai melakukan hal tersebut.

Apalagi mereka terus-menerus menjulurkan lidah, atau dikombinasikan dengan tanda-tanda lain seperti ngiler atau kesulitan makan.

Jika kucing Anda mulai melakukan sesuatu di luar kebiasaannya, hal pertama yang harus selalu Anda lakukan adalah memeriksakan kesehatannya ke dokter hewan.

Baca juga: Waspada, Jangan Beri Kucing Peliharaan Anda 4 Jenis Minuman Berikut

Alasan kucing blepping

Ilustrasi kucing menjulurkan lidahnya.iStockphoto/annadarzy Ilustrasi kucing menjulurkan lidahnya.

Dilansir dari laman Cats.com, berikut adalah beberapa alasan mengapa kucing menjulurkan lidah dan tidak memasukkannya kembali:

1. Sedang menyelidiki suatu aroma

Kucing dapat memperoleh banyak informasi tentang lingkungan dan penghuninya dengan mendeteksi senyawa berbau yang disebut feromon.

Lidah mengumpulkan feromon dan fungsi pengecap mereka menyelidiki rasanya, Kucing juga memiliki reseptor khusus yang dapat menafsirkan arti dari aroma tersebut.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Ras Kucing Tanpa Bulu Sebelum Dipelihara

2. Mulut kucing sedang sakit

Jika kucing Anda mengalami sakit gusi, stomatitis, dan peradangan atau infeksi akibat penyakit periodontal, mulutnya mungkin akan terasa sangat sakit.

Oleh karena itu, kucing akan merasa lebih nyaman membiarkan lidahnya sedikit menjulur, daripada membiarkannya tetap di dalam mulutnya.

Selain blepping, Kucing Anda mungkin akan lebih sering mengeluarkan air liur dari biasanya dan tidak mau makan.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com