Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Usia Ideal Wanita untuk Melahirkan? Ini Penjelasan Dokter Obgyn

Kompas.com - 05/05/2023, 11:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan bernarasi perihal melahirkan pada usia 28-30 tahun apakah masih kuat dan aman ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun Twitter ini pada Rabu (3/5/2023). 

"Ak umur 23 & blm kerja, pacar jg gada, psti utk menikahpun msh bbrp thn lg krn mau mapan dl, MISAL ak nikah umur 27, trs memutuskan hamil diumur 28, msh aman/udh ketuaan? soalnya liat tmn2 umur duatiga-dualima udh pd hamil," tulis pengunggah.

Hingga Jumat (5/5/2023), unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 3,9 juta kali dan dikomentari lebih dri 4.950 warganet.

Baca juga: Viral, Video Pengendara Adang Bus Lawan Arah di Jalan Lingkar Tegal-Bebes: Sudah Telanjur Kesal, Saya Matikan Mesin Motor!

Baca juga: Ramai soal Kentut Vagina, Normal atau Berbahaya? Ini Penjelasan Dokter Obgyn

Lantas, berapa usia ideal wanita untuk hamil dan melahirkan?

Penjelasan dokter obgyn

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (Obgyn) sekaligus Dekan di Fakultas Kedokteran Uhamka Wawang Sukarya menjelaskan, wanita memiliki kurun waktu reproduksi sehat di antara usia 20-35 tahun.

"Usia ideal hamil dan melahirkan berada di kisaran 20-30 tahun. Di antara usia ini, angka kematian ibu dan anak terkait kehamilan persalinan adalah yang paling rendah," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (4/5/2023).

Ia mengungkapkan, apabila wanita melahirkan saat berada pada usia di bawah 20 tahun ataupun di atas 35 tahun, maka akan memiliki risiko tinggi terkait dengan ibu dan calon bayi.

Baca juga: Viral, Twit soal Obgyn Tanya Status Menikah, Apa Tujuannya?


Wawang mengatakan, pada usia di bawah 20 tahun, yang paling sering terjadi adalah proses persalinan yang tidak lancar atau macet karena panggul belum memadai.

Risiko lainnya adalah terjadi hipertensi dalam kehamilan, khususnya preeklamsia-eklamsia serta risiko mengalami keguguran jauh lebih tinggi.

"Sementara itu, wanita yang melahirkan di atas usia 35 tahun, biasanya sering disertai penyakit sistemik (diabetes melitus, hipertensi, dan lainnya), dan adanya risiko penyakit cacat bawaan," jelasnya.

Jadi, selama melahirkan pada rentang usia 20-35 tahun, ibu dan calon bayi memiliki risiko yang lebih rendah mengalami kecacatan.

Baca juga: Ramai soal Kentut Vagina, Normal atau Berbahaya? Ini Penjelasan Dokter Obgyn

Bahaya melahirkan di usia muda

Baby blues yang berlangsung lebih dari dua minggu dapat berkembang menjadi depresi pascapersalinan. Baby blues yang berlangsung lebih dari dua minggu dapat berkembang menjadi depresi pascapersalinan.

Senada, Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi RSIA Anugerah Semarang Indra Adi Susianto menyampaikan, ada kehamilan yang memiliki risiko tinggi, yaitu terlalu muda dengan usia kurang dari 20 tahun dan terlalu tua usia di atas 35 tahun untuk kehamilan pertama.

"Selain itu, terlalu sering melahirkan anak dengan jarak kehamilannya kurang dari 2 tahun juga memiliki risiko tinggi," katanya, terpisah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com