Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muncul Penampakan Benda Bercahaya Meluncur ke Atas di Langit Lombok, Apa Itu?

Kompas.com - 17/04/2023, 11:25 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah foto yang menampakkan benda bercahaya meluncur ke atas menghiasi langit Lombok, ramai menjadi perbincangan di media sosial.

Foto yang menampilkan benda bercahaya di langit Lombok tersebut salah satunya diunggah oleh akun TikTok ini, Sabtu (15/4/2023).

"Fenomena malam ini, di atas langit Lombok tengah khususnya, dan dari penjelasan medsos masyarakat banyak yang mengatakan bahwa malam ini Lailatul Qadar, Wallahualam," tulis pengunggah.

Tampak dalam unggahan, empat buah foto menunjukkan pemandangan serupa, yakni benda berpendar terang dengan sedikit ekor yang meluncur ke atas.

Menuai perhatian warganet, unggahan ini pun telah dilihat lebih dari 1,9 juta kali dan disukai oleh lebih dari 111.200 pengguna pada Senin (17/4/2023).

Lalu, penampakan benda apa itu?

Baca juga: Ada Cahaya Bergerak Naik di Langit Bali, Benda Apa Itu?


Penjelasan pakar

Astronom amatir dari The Ekliptika Institute, Marufin Sudibyo menjelaskan, benda bercahaya di langit Lombok yang nampak meluncur ke atas itu adalah roket berat Ariane 5 VA260.

Menurut dia, foto tersebut dibidik dari Desa Terara, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, pada Jumat (14/4/2023) sekitar pukul 21.00 Wita.

"Menunjukkan bagian dari tahapan penerbangan roket berat Ariane 5 VA260 dalam perjalanannya mengantar wantariksa JUICE (Jupiter Ice Explorer) menuju Jupiter," kata Marufin kepada Kompas.com, Senin (17/4/2023).

Dia menerangkan, benda yang tampak berekor tersebut berada di rasi bintang Orion atau Waluku, arah langit bagian barat daya.

Dengan demikian, obyek bergerak ke arah timur dan saat itu berada di ketinggian 40 derajat.

Benda tersebut juga bergerak relatif cepat daripada bintang-bintang di sekitarnya, yang menunjukkan bahwa benda ada di elevasi rendah atau di dalam atmosfer Bumi.

"Satu-satunya benda langit yang seperti itu hanya roket. Kecepatan maksimal roket 10 km/detik, sedangkan kecepatan meteor lebih dari 20 km/detik," analisnya.

Untuk itu, Marufin menyimpulkan bahwa benda langit yang terlihat di Lombok merupakan bagian roket Ariane 5 VA260 milik Badan Antariksa Eropa (ESA).

Baca juga: Jadwal Gerhana Matahari 20 April 2023 di Seluruh Indonesia

Roket Ariane 5 VA260 luncurkan JUICE

Marufin melanjutkan, roket Ariane 5 VA260 baru saja meluncurkan wahana antariksa JUICE menuju orbit Jupiter.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com