Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Argentina Resmi Cetak Uang Baru Bergambar Lionel Messi, Benarkah?

Kompas.com - 22/12/2022, 12:53 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Unggahan video yang menyebut bahwa Argentina resmi mengeluarkan uang kertas bergambar pemain sepak bola Lionel Messi viral di media sosial TikTok.

Posting tersebut diunggah oleh akun TikTok @leo.messi.1022.

“Argentina mengeluarkan mata uang resmi pertama dengan gambar Messi dan timnas Argentina. Kertas fisik ini adalah yang termahal dalam sejarah Amerika Latin,” tulis unggahan tersebut dalam videonya.

Hingga Kamis (22/12/2022) siang, unggahan terkait uang baru bergambar Lionel Messi tersebut telah dilihat lebih dari 2,5 juta kali, disukai lebih dari 275.000 pengguna dan mendapat lebih dari 4.909 komentar.

Baca juga: INFOGRAFIK: Lionel Messi, Pemain Terbaik Dunia 2019

@leo.messi.1022 resmi yaa gess #messi #argentina #worldcup #pialadunia #fyp #foryou #foryoupage #xyzbca #ronaldo ? suara asli - LM7

Baca juga: Apa Itu GOAT, Julukan yang Diberikan pada Lionel Messi?

Lantas benarkah Argentina mencetak mata uang baru bergambar Lionel Meessi?

Uang bergambar Lionel Messi

Informasi mengenai wajah Messi yang diabadikan dalam mata uang Argentina, Peso memang tengah dibicarakan publik di berbagai media sosial.

Dikutip dari IndianaExpress, informasi Argentina mencetak uang bergambar Lionel Messi tersebut, bermula dari laporan surat kabar keuangan El Financiero yang kemudian banyak dikutip oleh berbagai media.

Meski demikian, pencetakan mata uang bergambar wajah Messi tersebut saat ini masih sebatas usulan.

Baca juga: Alasan MUI Haramkan Kripto sebagai Mata Uang dan Tidak Sah Diperdagangkan

Baca juga: Trofi Piala Dunia Asli Tidak Boleh Dibawa Pulang Negara Pemenang, Ini Alasannya...

Alasan wajah Messi di mata uang Peso Argentina

Lionel Messi memenangi penghargaan Golden Ball alias Bola Emas setelah terpilih menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2022. Messi juga mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 setelah menang adu penalti melawan Perancis dalam laga final yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB.AFP/DAN MULLAN Lionel Messi memenangi penghargaan Golden Ball alias Bola Emas setelah terpilih menjadi pemain terbaik Piala Dunia 2022. Messi juga mengantarkan Argentina juara Piala Dunia 2022 setelah menang adu penalti melawan Perancis dalam laga final yang digelar di Lusail Iconic Stadium, Lusail, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Menurut surat kabar tersebut, wajah Lionel Messi diusulkan akan diabadikan dalam uang kertas seribu peso.

Alasannya, angka 1.000 diawali oleh “10” yang merupakan nomor punggung sang pemain Argentina yang belakangan mendapat julukan GOAT (greatest of all time) tersebut.

Selain itu, dalam mata uang yang akan diusulkan ini juga akan tertera tulisan “La Scaloneta” yang merupakan panggilan dari sang pelatih Lionel Scaloni.

Surat kabar El Financiero menyebutkan, mereka mendapat bocoran informasi ini namun hal tersebut masih bersifat usulan, dan disampaikan secara bercanda oleh seorang pejabat Bank Sentral Argentina.

Baca juga: Argentina Larang Penggunaan Nama Messi untuk Nama Depan Bayi, Ini Alasannya

Dukungan dari sejumlah pejabat

Meski demikian usulan tersebut sejauh ini mendapat banyak dukungan dari sejumlah pejabat lain.

Adapun otoritas sudah membahas mengenai usulan ini sejak sebelum final piala dunia berlangsung.

Opsi ini 'bercanda' diusulkan oleh anggota Bank Sentral Argentina. Meski demikian para direktur antusias,” tulis El Financiero.

Para petinggi bank sentral berpikir jika hal tersebut benar-benar diwujudkan, maka menurut mereka hal ini akan membangkitkan semangat orang-orang Argentina untuk mengumpulkan uang.

Surat kabar ini juga menjelaskan, di masa lalu saat kemenangan pertama piala dunia Argentina, koin peringatan juga telah dibuat pada 1978.

Baca juga: Viral, Video Uang 1.0 Disebut Uang Kertas Baru Rp 1 Juta, Ini Kata Peruri

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Capaian Rekor Messi di Ajang Piala Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com