Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Kematian Keluarga Kalideres Ditutup, Apa Kesimpulannya?

Kompas.com - 10/12/2022, 14:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Polisi menutup kasus kematian keluarga di Kalideres yang sempat heboh setelah pertama kali ditemukan pada 10 November 2022. 

Sebulan sejak temuan kasus kematian misterius satu keluarga di Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, polisi akhirnya mengungkapkan penyebab kematian satu keluarga tersebut. 

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi menjelaskan kesimpulan akhir penyelidikan kasus kematian satu keluarga itu.

"Dari hasil penyelidikan, kami menemukan petunjuk, titik terang. Ada keidentikan antara hasil penelitian dari psikologi forensik maupun sosiologi agama," ujarnya, dilansir dari Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Update Kasus Kalideres: Temuan Kemenyan dan Buku Mantra hingga Dugaan soal Ritual

Berikut update temuan terbaru kasus kematian misterius keluarga di Kalideres:

1. Keluarga Kalideres meninggal karena sakit

Dokter forensik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Ade Firmansyah mengatakan bahwa tim forensik menemukan feses di tubuh dua korban meninggal, yakni Budyanto dan Dian.

Temuan itu mematahkan dugaan awal yang menyebut bahwa keluarga ini meninggal karena berhenti makan.

"Ditemukan feses, di tubuh Budyanto dan Dian itu ada feses. Pada jenazah ini ditemukan sisa makanan belum terbuang," ujarnya dalam Kompas.com, Jumat (9/12/2022).

Sementara itu dokter forensik Asri M. Pralebda menjelaskan penyebab kematian 4 anggota keluarga tersebut.

"Pertama, Rudyanto akibat permasalahan saluran cerna. Kedua, Reni Margaretha Gunawan karena kanker payudara. Ketiga adalah Budyanto karena serangan jantung, dan terakhir Dian disebabkan oleh gangguan pernapasan," jelasnya dalam Kompas.com, Jumat (12/9/2022).

Baca juga: Teka-teki Baru Kasus Kematian Sekeluarga di Kalideres...

2. Dian meninggal terakhir

Berdasarkan keterangan Asri, urutan kematian keluarga Kalideres ini bermula dari Rudyanto, Reni Margaretha, Budyanto, dan terakhir Dian, anak dari Rudyanto dan Reni Margaretha.

Keempat jasad tersebut pertama kali ditemukan di rumahnya sendiri di Perumahan Citra Garden 1, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (10/11/2022).

Saat itu, jasad Rudyanto (71) ditemukan dalam posisi tertidur di atas kasur kamar belakang. Istrinya, Reni Margaretha (68) ditemukan di kamar depan dalam posisi tertidur di atas kasur.

Kemudian ipar Rudyanto, Budyanto (69) ditemukan terlentang di sofa ruang tamu. Adapun Dian (42), ditemuka di kamar yang sama dengan ibunya, namun di lantai.

Baca juga: Update Kasus Kalideres: Misteri Isi Pesan Bernada Negatif hingga TKP Tak Lagi Steril

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com