Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Hias yang Cocok untuk Penderita Asma, Apa Saja?

Kompas.com - 27/11/2022, 10:05 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jangan sembarangan memilih tanaman hias untuk dijadikan tanaman indoor, terutama jika Anda memiliki gangguan asma atau gangguan pernapasan lain.

Meski tanaman mengeluarkan oksigen yang bisa membantu ruangan memiliki udara yang bersih, namun ada beberapa struktur tanaman yang bisa membahayakan kondisi pernapasan Anda.

Jadi, kenali tanaman apa yang baik untuk penderita asma dan tanaman yang kurang baik mendukung kesehatan penderita asma.

Efek samping tanaman bagi saluran napas 

Dilansir dari Very Well Health, semua tanaman mengeluarkan oksigen dan bisa menyaring udara dari debu dan polutan yang membahayakan saluran napas.

Tanaman juga bisa mereduksi radikal bebas yang bisa menyebabkan alergi dan membuat asma kambuh.

Namun sayang, beberapa struktur tanaman justru bisa memperparah asma. Struktur tanaman ini adalah polen atau serbuk sari.

Tanaman berjenis jantan memproduksi polen lebih banyak daripada tanaman berjenis kelamin betina.

Serbuk sari ini bisa menyebar ke udara dan membuat iritasi saluran pernapasan Anda.

Selain itu, tanaman yang tak dirawat dengan benar juga mudah berjamur. Nah jamur ini juga bisa mencemari udara dan membuat gangguan asma Anda semakin parah.

Tanaman dengan penampang daun yang berbulu juga biasanya bisa memicu kambuhnya asma. Debu akan mudah menempel pada penampang daun yang berbulu dan akan susah dibersihkan.

Debu ini bisa menjadi sumber alergi dan menyiksa saluran pernapasan.

Baca juga: Menyuburkan Tanaman dengan Arang, Begini Caranya

Tanaman untuk penderita asma

Anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang aman untuk penderita asma.PIXABAY/webandi Anggrek adalah salah satu jenis tanaman yang aman untuk penderita asma.
Lantas apa jenis tanaman yang cocok untuk penderita asma dan gangguan pernapasan?

Masih dari sumber yang sama, Very Well Health, tanaman yang membutuhkan serangga untuk proses penyerbukan biasanya lebih aman untuk diletakkan di dalam rumah.

Sebaliknya, tanaman yang melakukan penyerbukan lewat udara sebaiknya jangan dipilih oleh penderita asma. 

Menurut Asthma and Allergy Foundation of America, tanaman yang aman untuk penderita asma adalah azalea, begonia, kaktus, chery, dafodil, dahlia, geranium, iris, anggrek, petunia, mawar, tulip, dan snapdragon.

Baca juga: 5 Tanaman yang Mengundang Semut

Agar asma tak memburuk, jangan menanam tanaman yang memiliki polen terlihat jelas dengan mata seperti tanaman lili, aster, krisantemum, dan bunga matahari.

Tanaman-tanaman tersebut memiliki polen sangat banyak, yang mudah menyebar lewat udara.

Selain tanaman di atas, tanaman yang memiliki banyak polen adalah tanaman perdu, rumput-rumputan, cedar juga pinus.

Hindari pula menanam lumut laba-laba atau zebrina pendula, juga violet afrika. Keduanya memiliki penampang daun bersisik dan berpotensi menyekap debu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com