Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini dalam Sejarah 24 Oktober 1931: Bos Mafia Al Capone Dipenjara

Kompas.com - 24/10/2022, 17:00 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Al Capone, bos mafia legendaris asal Amerika Serikat akhirnya masuk penjara pada 24 Oktober 1931. 

Hal ini merupakan peristiwa bersejarah, lantaran Al Capone dianggap sebagai salah satu bos kejahatan paling terkenal yang pernah ada di sepanjang sejarah.

Ia ditakuti masyarakat karena banyak melakukan tindakna penyelundupan, pemerasan, hingga prostitusi.

Al Capone meninggal dunia akibat gagal jantung pada 25 Januari 1947 di Palm Island, Florida. Berikut kisah Al Capone semasa hidupnya.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Al Capone, Gangster Paling Dikenal di Amerika

Al Capone dan julukan "Scarface"

Dilansir dari Historyhit, (10/11/2020), Capone dijuluki sebagai "Scarface", karena ada bekas luka sayatan di wajahnya.

Luka itu diperoleh saat Capone remaja bekerja sebagai penjaga di aula dansa dan salon di Coney Island milik Frankie Yale pada tahun 1900-an. Saat itu, Frankie Yale juga seorang pemeras.

Capone disayat dengan pisau di wajahnya oleh saudara laki-laki dari seorang wanita yang telah dia hina. Insiden itu meninggalkan dua bekas luka di sisi kiri wajahnya.

Berkuasa sejak 1920

Naiknya Capone ke kekuasaan berdampak buruk, terutama saat adanya larangan di Amerika soal konstitusional nasional pada produksi, impor, transportasi, dan penjualan minuman beralkohol 1920-1933.

Larangan tersebut menciptakan peluang bagi perusahaan kriminal untuk memanfaatkan kekosongan di pasar alkohol.

Beberapa geng, termasuk 'Chicago Outfit' milik Capone, terlibat dalam proses penyelundupan alkohol secara ilegal ke negara itu dan menjualnya di berbagai perusahaan gelap yang menjual alkohol yang didirikan di seluruh Amerika.

Pada usia 26 tahun, Al Capone menjadi bos kejahatan terbesar dan terkuat di Amerika.

Tak hanya itu, tindakan kriminal penyelundupan yang dilakukan Al Capone juga meraup keuntungan yang fantastis.

Di puncak karirnya sebagai bos mafia, Capone mampu meraup sebanyak 100 juta dollar AS per tahun (atau setara dengan 1,4 miliar dollar AS pada tahun 2018).

Di Chicago, Capone mampu menciptakan jaringan kriminal yang luas yang memungkinkan dia untuk mendapatkan jumlah kekayaan secara ilegal.

Kerjasama dengan penegak hukum

Kerja sama dengan lembaga lain menjadi kunci keberhasilan operasi rum-running-nya.

Ia juga mendapat perlindungan dari geng-geng saingan dan pejabat penegak hukum.

Semasa itu, geng Al Capone telah menjadi momok atau menanamkan rasa takut bagi masyarakat.

Dia menjadi bos kejahatan yang terkenal kejam dan bawahanya juga terkenal karena sifat kejam mereka. Namun terlepas dari reputasi terkenal ini, Capone menjadi idola di akhir 1920-an.

Salah satu kekejamannya yakni mereka sanggup meledakan bagi perusahaan yang menolak bekerja sama dengan Chicago Outfit atau membeli alkohol mereka.

Penangkapan dan hukuman

Badan Investigasi AS (FBI) juga menyelidiki Capone lantaran kasus penggelapan pajak.

Dilansir dari situs FBI, Capone muncul di hadapan dewan juri federal di Chicago pada 20 Maret 1929 dan menyelesaikan kesaksiannya pada 27 Maret.

Saat meninggalkan ruang sidang, dia ditangkap oleh agen karena menghina pengadilan, sebuah pelanggaran yang hukumannya bisa satu tahun penjara dan denda 1.000 dollar AS. Namun tak lama dia dibebaskan. 

Pada 17 Mei 1929, Al Capone dan pengawalnya ditangkap di Philadelphia karena membawa senjata api.  

Dalam waktu 16 jam mereka telah dijatuhi hukuman masing-masing satu tahun. Capone menjalani waktunya dan dibebaskan dalam sembilan bulan karena berperilaku baik pada 17 Maret 1930.

Pada tanggal 28 Februari 1931, Capone dinyatakan bersalah di pengadilan federal atas tuduhan penghinaan pengadilan dan dijatuhi hukuman enam bulan di Penjara Cook. Bandingnya atas tuduhan itu kemudian ditolak.

Sementara itu, Departemen Keuangan AS telah mengembangkan bukti atas tuduhan penghindaran pajak—selain Al Capone, saudaranya Ralph “Bottles” Capone, Jake “Greasy Thumb” Guzik, Frank Nitti, dan mafia lainnya adalah subjek dari tuduhan penghindaran pajak.

Pada 16 Juni 1931, Al Capone mengaku bersalah atas tuduhan penghindaran pajak dan larangan.

Dia kemudian membual kepada pers bahwa dia telah mencapai kesepakatan untuk hukuman dua setengah tahun, tetapi hakim ketua memberi tahu dia bahwa dia, hakim, tidak terikat oleh kesepakatan apa pun.

Capone kemudian mengubah pembelaannya menjadi tidak bersalah.

Pada tanggal 18 Oktober 1931, Capone dinyatakan bersalah setelah persidangan dan pada tanggal 24 November, dijatuhi hukuman sebelas tahun penjara federal, denda 50.000 dollar AS dan biaya 7.692 dollar AS untuk biaya pengadilan, di samping 215.000 dollar AS ditambah bunga karena pajak balik. Penghinaan enam bulan hukuman pengadilan juga dilayani secara bersamaan.

Sambil menunggu hasil banding, Capone dikurung di Penjara Kabupaten Cook. Setelah penolakan banding, ia memasuki Lembaga Pemasyarakatan AS di Atlanta, menjalani hukumannya di sana dan di Alcatraz.

Capone akhirnya dihukum karena penggelapan pajak dan dijatuhi hukuman 11 tahun penjara federal pada 18 Oktober 1931.

Penyelidik dan pengacara tidak perlu membuktikan bahwa Capone mendalangi perjudian, perlindungan, prostitusi, dan penyelundupan, hanya karena dia tidak membayar pajak atas penghasilannya.

Capone pada dasarnya pensiun sebagai pemimpin Chicago Outfit setelah dipenjara.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Al Capone Jalani Hukuman Penjara 11 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com