Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Potongan Bagian Tubuh Hewan Laut Diduga Penis Paus, Benarkah?

Kompas.com - 21/10/2022, 18:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video yang menunjukkan potongan bagian tubuh makhluk laut misterius, viral di media sosial TikTok.

Diunggah oleh akun ini pada Minggu (16/10/2022), tampak benda berwarna abu-abu tergeletak di pesisir.

Benda tersebut tampak besar hampir menyamai kaki pengunggah, berbentuk memanjang dengan satu sisi runcing, sedangkan sisi lain terpotong.

Pengunggah menuliskan, bagian tubuh makhluk laut tersebut ditemukan saat dirinya tengah berjalan di sepanjang pantai Magnetic Island, Queensland, Australia.

@bootscootinaf Replying to @Dave as requested guys- here is a better video. What do you think it is? #australia #northqueensland #fyp ? original sound - moonlight ?????

Melalui unggahan lain, dia kemudian menjelaskan bahwa bagian tubuh makhluk yang terlihat aneh itu merupakan alat kelamin jantan atau penis milik paus.

"Dengan bantuan TikTok dan ahli biologi kelautan. Aku pikir kita akhirnya menemukan apa binatang aneh itu. Itu penis paus," kata dia dalam video.

Pendapat pengunggah, penis tersebut kemungkinan terpotong karena pejantan paus berkelahi dan saling menggigit satu sama lain.

Adapun hingga Jumat (21/10/2022) siang, unggahan bagian tubuh misterius ini telah ditonton lebih dari 3,5 juta kali dan disukai oleh lebih dari 112.000 pengguna.

Lantas, benarkah itu adalah penis paus?

Baca juga: Oarfish Muncul di Cile, Benarkah Tanda Akan Ada Gempa dan Tsunami?

Penjelasan ahli

Dosen Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB, Dr Mohammad Mukhlis Kamal menuturkan, benda dalam video bisa jadi merupakan penis paus.

"Merujuk kepada TikTok di atas, bisa jadi benda yang sudah terpotong tersebut merupakan penis paus. Karena bentuk dan ukurannya," ujar dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (21/10/2022).

Mukhlis menjelaskan, penis adalah organ reproduksi organisme berjenis kelamin jantan.

Hewan paus yang masuk ordo Cetacea umumnya berukuran besar. Untuk itu, pada jantan juga memiliki penis dengan ukuran besar dan panjang.

Menurut Mukhlis, penis paus terbesar dilaporkan ada pada paus biru atau blue whale (Balaenoptera musculus) yang merupakan mamalia laut terbesar.

Baca juga: Viral, Video Telur Ikan Tongkol Berwarna Biru Menyala, Ini Kata Ahli

"Ukuran penisnya mencapai rata-rata panjang 2,4 meter," paparnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com