Oarfish Muncul di Cile, Benarkah Tanda Akan Ada Gempa dan Tsunami?

Kompas.com - 24/07/2022, 06:10 WIB

KOMPAS.com - Kemunculan oarfish kerap disebut sebagai pertanda akan datangnya bencana alam seperti gempa bumi dan tsunami.

Karena itulah, munculnya oarfish ke permukaan sempat menghebohkan masyarakat Cile beberapa waktu lalu.

Penangkapan oarfish oleh nelayan setempat ini pun menjadi viral di media sosial TikTok usai diunggah akun ini pada Senin, 11 Juli 2022.

Dalam unggahan dengan hampir 20 juta penonton tersebut, tampak ikan panjang bertulang diikat di bagian kepala saat para nelayan memindahkannya ke darat.

Diberitakan Daily Star (13/7/2022), oarfish yang tertangkap nelayan di Cile memiliki panjang sekitar 16 kaki atau hampir 5 meter.

Baca juga: Fenomena Kemunculan Oarfish dan Mitos Prediksi Gempa...

Lantas, benarkah kemunculan oarfish pertanda gempa bumi dan tsunami?

Kaitan oarfish dengan bencana alam

Masih dari sumber yang sama, oarfish adalah ikan yang tinggal di laut dalam. Konon, ikan ini dianggap memiliki kekuatan untuk meramal masa depan.

Anggapan tersebut kian santer usai pada 2011, lusinan oarfish terlihat di Jepang sebelum gempa mengguncang Fukushima yang memicu gelombang tsunami.

Namun, anggapan tersebut dibantah oleh Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono.

Menurut Daryono, belum ada bukti empiris yang menunjukkan bahwa kemunculan oarfish ke permukaan adalah tanda akan ada bencana alam.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.