Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Mengonsumsi Minuman Panas

Kompas.com - 06/10/2022, 07:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Di pagi hari, banyak orang akan memulai aktivitas dengan menyeduh dan meminum minuman panas, baik itu teh ataupun kopi.

Menyeduh minuman panas bisa menghangatkan dan menenangkan tubuh sekaligus membuat mood membaik.

Antioksidan di dalam teh, kopi, dan jahe bisa mengusir radikal bebas sehingga bisa menyehatkan tubuh.

Sedangkan kafein pada kopi dan teh bisa efektif meningkatkan semangat dan juga mood.

Namun berhati-hatilah dalam menyeduh minuman panas tersebut. Karena kesalahan dalam menyeduh minuman panas justru akan menghilangkan nutrisi dalam minuman dan bisa berefek negatif pada tubuh yaitu memicu penyakit.

Lantas bagaimana cara yang tepat mengonsumsi minuman panas?

Baca juga: Sarapan Dulu atau Minum Kopi Dulu, Mana yang Lebih Baik?


Cara tepat menyeduh kopi

Dilansir dari Washington Post (7/3/2022), kopi dinyatakan bisa menurunkan risiko gangguan jantung, diabetes tipe 2, dan juga beberapa jenis kanker asalkan kopi dikonsumsi dengan cara yang benar.

Tips pertama, jika Anda sudah memiliki riwayat penyakit diabetes dan jantung di dalam keluarga, sebaiknya seduh kopi hitam tanpa campuran gula dan krimer.

Karena tambahan gula dan krimer bisa menaikkan gula dalam darah dan menaikkan risiko komplikasi penyakit.

Kedua, bagi penderita gangguan tidur, jangan menyesap kopi dengan kafein kuat di sore atau malam hari. Bagi penderita insomnia, kebiasaan minum kopi di sore hari bisa sangat mengganggu jam tidur.

Menurut penelitian yang ditayangkan di Journal of Clinical Sleep Medicine, minum kopi enam jam sebelum tidur bahkan sangat bisa menurunkan kualitas tidur.

Jangan menggunakan suhu terlalu panas dalam menyeduh biji kopi agar nutrisi kopi tak rusak.Dok.Shutterstock/mapo_japan Jangan menggunakan suhu terlalu panas dalam menyeduh biji kopi agar nutrisi kopi tak rusak.

Food and Drugs Administration merekomendasikan agar tiap orang maksimal mengonsumsi 4 hingga 5 cangkir kopi saja dalam sehari. Lebih dari itu, kopi akan membahayakan tubuh, memengaruhi sistem saraf juga ritme sirkadian.

Tips ketiga, agar mineral dan vitamin dalam kopi bisa didapatkan maksimal, gunakan biji kopi murni tanpa campuran apapun.

Dicukil dari Everyday Health, agar nutrisi bisa maksimal diserap tubuh, seduh biji kopi dengan suhu air yang tepat. Jika suhu air terlalu dingin, kopi tak bisa terekstrak sempurna sehingga nutrisi yang keluar tak bisa optimal.

Sedangkan jika terlalu panas, kopi akan terbakar, dan beberapa nutrisi akan hilang.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com