Kompas.com - 04/10/2022, 15:32 WIB

KOMPAS.com - Arbitrase adalah salah satu upaya menyelesaikan sengketa dengan non-litigasi atau melalui cara-cara di luar pengadilan.

Kata arbitrasi berasal dari bahasa Latin, arbitrare, yang berarti kekuasaan untuk menyelesaikan sesuatu menurut kebijaksanaan atau secara damai.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan, arbitrase adalah usaha perantara dalam menyelesaika sengketa.

Arbitrasi juga diartikan sebagai bentuk peradilan yang dilaksanakan atas dasar kesepakatan antara pihak-pihak berselisih dan dimediasi oleh hakim yang telah mereka pilih sendiri.

Baca juga: Apa Itu Hukum Perdata?

Apa itu arbitrase?

Mila Karmila Adi dalam Jurnal Hukum Ius Quia Iustum (2010) menjelaskan, arbitrase adalah suatu prosedur oleh para pihak berselisih untuk secara suka rela setuju dengan putusan pihak ketiga netral di luar peradilan normal.

Indonesia memiliki peraturan terkait arbitrase, yakni Undang-Undang (UU) Nomor 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa.

Menurut Pasal 1 angka 1 UU tersebut, arbitrase adalah cara penyelesaian suatu sengketa perdata di luar peradilan umum yang didasarkan pada perjanjian arbitrase.

Adapun perjanjian arbitrase, ditulis oleh para pihak yang bersengketa.

Dengan demikian, dapat diartikan bahwa arbitrase adalah penyelesaian sengketa di luar pengadilan dengan bantuan pihak ketiga yang disebut arbiter.

Arbiter sendiri merupakan orang yang dipilih para pihak atau ditunjuk Pengadilan Negeri maupun lembaga arbitrase untuk memberikan putusan mengenai sengketa para pihak.

Baca juga: Somasi adalah Teguran, Kenali Arti dan Aturan Hukumnya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.