Program Kartu Prakerja Akan Dilanjutkan pada 2023 dengan Skema Normal

Kompas.com - 04/10/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com – Program Kartu Prakerja akan dilanjutkan pada tahun 2023 mendatang dengan skema normal.

Hal ini sebagaimana disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Cipta Kerja dalam Rapat Komite Cipta Kerja, Senin (3/10/2022).

“Program Kartu Prakerja akan lebih fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja sebagaimana konsep awal program ini dicanangkan sebelum era pandemi Covid-19,” kata Airlangga, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, dari sumber resmi Kemenko Bidang Perekonomian ekon.go.id, Selasa (4/10/2022).

Anggota komite sepakat memulai skema normal pada 2023 dan akan melanjutkan hingga akhir kuartal IV-2022 dengan besaran bantuan pelatihan dan insentif sama dengan sebelumnya.

“Pemerintah akan menambah anggaran sebesar Rp 5 triliun dengan target 1,5 juta orang,” ujarnya.

Airlangga mengingatkan, seluruh pihak memulai persiapan dan sosialisasi kepada seluruh pemangku kepentingan terkait adanya berbagai perubahan.

Hal ini mengingat skema normal akan segera dilaksanakan pada awal 2023.

Baca juga: Cara Cek Lolos Kartu Prakerja hingga Membeli Pelatihan Prakerja

Bantuan dengan skema normal lebih besar

Terkait dengan pelaksanaan skema normal tersebut, Airlangga mengatakan, pada 2023 pemerintah akan melakukan penyesuaian besaran bantuan yang diterima peserta.

Besaran bantuan senilai Rp 4,2 juta per individu dengan rincian berupa bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 3,5 juta, insentif pascapelatihan Rp 600 ribu yang akan diberikan sebanyak 1 kali, serta insentif survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali pengisian survei.

Program Kartu Prakerja tersebut akan diimplementasikan secara daring, luring, maupun bauran.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.