Kompas.com - 01/10/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Pertamina resmi menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax (RON 92) pada Sabtu (1/10/2022).

Harga Pertamax yang sebelumnya Rp 14.500 kini menjadi Rp 13.900 per liter atau turun Rp 600.

Selain Pertamax (RON 92), Pertamina juga menurunkan harga Pertamax Turbo (RON 98) menjadi Rp 14.950 per liter dari yang sebelumnya di angka Rp 15.900.

Harga Pertamax mengikuti tren harga minyak

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengatakan, penyesuaian harga Pertamax ini mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak, yaitu Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

Menurutnya, evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM non-subsidi dilakukan secara berkala setiap bulannya.

"Berdasarkan perhitungan, pada periode September lalu untuk produk Gasoline (bensin) yakni Pertamax Series mengalami penyesuaian turun harga," kata Irto kepada Kompas.com, Sabtu.

"Sedangkan untuk produk Gasoil (diesel) Dexlite dan Pertamina Dex, penyesuaiannya naik harga. Seluruh penyesuaian harga berlaku mulai tanggal 1 Oktober," lanjutnya.

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo Oktober 2022

Saat ini, harga terbaru untuk Dexlite (CN 51) menjadi Rp 17.800, dan Pertamina Dex (CN 53) menjadi Rp 18.100.

Ia menjelaskan, harga tersebut berlaku untuk provinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen, seperti di wilayah DKI Jakarta.

Hal ini sesuai dengan penetapan harga yang diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 62/K/12/MEM/2020 tentang formulasi harga JBU atau BBM non-subsidi.

"Pertamina juga terus berkomitmen untuk menyediakan produk dengan kualitas yang terjamin dengan harga yang kompetitif diseluruh wilayah Indonesia," ujarnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.