Kompas.com - 01/10/2022, 06:30 WIB

KOMPAS.com - Kasus pembunuhan Brigadir J dengan tersangka salah satunya Ferdy Sambo, menggerus citra kepolisian.

Hal itu diungkapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Oleh karenan itu pihaknya berjanji akan mengusut tuntas perkara yang menyeret nama mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Ferdy Sambo itu.

"Kami sadar bahwa dampak dari kasus ini betul-betul menggerus kepercayaan publik terhadap Polri," kata Sigit dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, dikutip dari Kompas.com Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Kapolri: Kasus Ferdy Sambo Betul-betul Gerus Kepercayaan Publik ke Polri


Berkas Ferdy Sambo dkk dinyatakan lengkap

Sigit memastikan, polisi terus melakukan pengusutan kasus ini dalam 2,5 bulan terakhir.

Perkembangan terbaru, berkas perkara kelima tersangka telah dinyatakan lengkap atau P21 oleh Kejaksaan Agung. Sehingga para tersangka pembunuhan Brigadir J akan segera diadili dalam persidangan.

Kapolri juga memastikan kasus ini akan diungkap seterang-terangnya dan para pihak yang terlibat akan dihukum dengan adil.

"Sesuai dengan komitmen kami untuk memproses secara tegas, transparan, tidak pandang bulu, tidak ada yang ditutupi, sesuai dengan apa yang menjadi perintah dari Bapak Presiden," ujarnya.

Baca juga: Berkas Perkara Ferdy Sambo Dinyatakan Lengkap, Kapan Disidangkan?

Kapolri minta masyarakat terus awasi

Selanjutnya, Kapolri juga meminta masyarakat ikut mengawasi kinerja jajarannya. Menurutnya, masukan publik akan menjadi bahan evaluasi bagi institusi yang ia pimpin.

Sigit mengatakan, apabila menemukan dugaan pelanggaran atau tindakan-tindakan lain dari personel kepolisian yang tidak sesuai harapan, masyarakat bisa melapor ke divisi humas atau propam Polri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.