Soal Video Viral Tak Bisa Buka Rekening karena Terdaftar di 21 Rekening Pinjaman, BNI: Data Terkoneksi ke Paylater

Kompas.com - 28/09/2022, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo menjelaskan mengenai video viral calon nasabah yang menyatakan tak bisa buka rekening karena terdaftar di 21 rekening pinjaman.

Okki mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengecekan data nasabah terkait dugaan terjadi penyalahgunaan data untuk pembuatan 21 rekening pinjaman dari BNI.

"Dapat kami sampaikan dalam kasus ini tidak terjadi penyalahgunaan data diri untuk membuka rekening BNI. Rekening pinjaman yang saat ini tercatat merupakan rekening nasabah pada saat transaksi Paylater di sebuah platform digital yang bekerja sama dengan BNI," begitu ujarnya, seperti pada rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Lebih lanjut disampaikan, BNI telah memberikan solusi pada calon nasabah tentang pembukaan rekening dan memberikan penjelasan atas permasalahan calon nasabah tersebut.

Baca juga: Video Viral, Wanita Tak Bisa Buka Rekening karena Data Diduga Sudah Terdaftar di 21 Rekening Pinjaman, Ini Kata BNI

Terkoneksi ke paylater

Calon nasabah, Devina Indriani (26), juga mengatakan bahwa permasalahan yang ia hadapi sudah selesai.

Ketika pada Selasa (27/9/2022) Kompas.com kembali menghubungi Devina untuk menanyakan penyebab datanya terdaftar di 21 rekening pinjaman, dia mengaku telah mendapatkan penjelasan dari pihak BNI.

"Baru tadi siang (27/9/2022) BNI telepon, ternyata itu karena Paylater," ucapnya kepada Kompas.com.

Devina menambahkan bahwa 21 rekening pinjaman itu merupakan Paylater dari akun Traveloka miliknya yang terkoneksi ke BNI.

"Jadi aku ada 21 cicilan, jadinya mereka (red: BNI) bilang itu rekening pinjaman," terangnya.

Devina menjelaskan, pihak BNI menyampaikan bahwa data yang digunakan dalam akun Paylaternya serupa dengan data identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya sehingga otomatis terhubung.

"Katanya sih karena 1 KTP jadi nge-link," terang Devina.

Karena sudah mengetahui penyebabnya, Devina pun menghapus video TikTok tertanggal Selasa (22/9/2022) yang sempat viral tersebut.

Baca juga: BSU Belum Cair karena Rekening Penerima Tidak Aktif? Ini Solusinya 

Halaman:

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.