Video Viral, Wanita Tak Bisa Buka Rekening karena Data Diduga Sudah Terdaftar di 21 Rekening Pinjaman, Ini Kata BNI

Kompas.com - 26/09/2022, 10:05 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video yang membagikan pengalaman seorang wanita tidak bisa membuka rekening di Bank Negara Indonesia (BNI) viral di media sosial Tik Tok.

UPDATE: Kasus ini terjadi karena pihak pengunggah di TikTok (Devina Indriani) tak menyadari bahwa dia telah mendaftar ke Paylater yang terhubung ke BNI. Jumlah rekening pinjaman sebanyak 21 merupakan pinjaman Paylater di Traveloka. Dengan demikian, tidak ada penyalagunaan data KTP yang dia sebut KTP-nya sempat hilang.

Membuka rekening tak bisa dilakukan hanya bermodalkan KTP, dan rekening yang sudah terhubung ke BNI tersebut merupakan integrasi data saat menggunakan Paylater. Untuk memahami kasus ini lebih jelas, klik Soal Video Viral Tak Bisa Buka Rekening karena Terdaftar di 21 Rekening Pinjaman, BNI: Data Terkoneksi ke Paylater

Video itu diunggah sendiri oleh akun ini pada Selasa (22/9/2022). Video di TikTok ini sudah dihapus oleh pengguna karena kasus sudah selesai setelah mendapat penjelasan dari pihak BNI. 

"Mau nangis ga sih? Gue hari ini baru mau bikin rekening BNI gue download aplikasinya, terus pas mau daftar ada tulisan gue udah terdaftar," tulis pengunggah.

"Gue telpon dong ke CS (red: cutomer service), pas udah telpon dia bilang, "Ibu sudah buka rekening sebanyak 21 rekening pinjaman"," tambah pengunggah.

Selanjutnya, pengunggah mengakui bahwa Kartu Tanda Penduduk (KTP) miliknya sempat hilang dan masih dalam pengurusan. Dia menduga, ada oknum tidak bertanggung jawab yang menggunakan data dirinya.

Hingga Senin (26/9/2022), video tersebut telah viral dan menyebar ke media lain, seperti Twitter.

Di Tik Tok sendiri, video itu sudah ditonton oleh 168.000 pengguna dan dikomentari oleh lebih dari 250 warganet.

Baca juga: Viral, Video Pria Mengaku Polisi Disebut Peras Pedagang, Ini Kata Polda Sumut


Penjelasan pengunggah

Saat dihubungi oleh Kompas.com, pengunggah yang bernama Devina Indriani (26) ini membenarkan pengalaman yang dibagikannya melalui video Tik Tok itu.

"Jadi kemarin niatnya mau bikin BNI buat BSU dari pemerintah, eh pas saya bikin (ada) keterangan begini, makanya saya telpon CS," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022).

Adapun keterangan yang dimaksud berisi, "Mohon maaf, identitas Anda telah terdaftar sebagai Nasabah BNI. Anda dapat melakukan pembukaan rekening tabungan melalui BNI Mobile Banking pada menu "Rekeningku" atau kunjungi kantor cabang BNI terdekat. Info lebih lanjut hubungi BNI Call 1500046."

Selanjutnya, Devina memutuskan untuk menghubungi pihak customer service untuk menanyakan mengapa datanya sudah digunakan padahal sebelumnya dirinya belum pernah mendaftar sebagai nasabah BNI.

"Saya baru telpon customer service. Pas saya tanya pembukaan rekeningnya dari mana, cs-nya bilang langsung datang ke kantor cabang terdekat saja biar lebih jelas," cerita Devina.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.