Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Instagram Menampilkan Posting dari Orang yang Tak Dikenal

Kompas.com - 25/08/2022, 18:05 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pengguna Instagram belakangan mengeluhkan beranda Instagram miliknya menampilkan posting milik orang lain yang tidak mereka dikenal.

Hal tersebut ditanyakan sejumlah netizen pengguna Instagram di media sosial Twitter.

"Agak gila juga ya ini Instagram. Tiap 2 stories orang, iklan. Tiap scroll 2 postingan orang, iklan. Ckck. Dah kayak yutub," tulis salah satu akun Twitter @drlrst.

Selebriti TV Kylie Jenner dan Kim Kadarshian diketahui juga mengeluhkan hal tersebut.

Mereka bahkan menulis di Stories-nya agar Instagram berhenti menjadi TikTok.

“Berhentilah menjadi TikTok, Aku hanya ingin melihat foto lucu teman-temanku,” ujar Kylie Jenner di stories Instagramnya.

Baca juga: Cara Mendaftar Instagram dan Membuat Akun Instagram Baru

Lantas,mengapa beranda Instagram belakangan menampilkan posting milik orang lain yang tidak dikenal?

Alasan Instagram menampilkan posting orang tak dikenal?

Dikutip dari laman IndiaTimes, Kamis (28/7/2022), CEO Meta Zuckeberg menyampaikan, pihaknya saat ini tengah memiliki program yang disebut dengan “Discovery Engine”.

Program ini akan membuat Facebook dan Instagram tak lagi berfokus pada histori yang menampilkan posting berdasarkan grafik sosial pengguna maupun daftar teman mereka.

Meta bermaksud bersaing dengan keandalan TikTok yang menggunakan AI dalam menarik video tanpa melihat dari mana sumber pengunggah.

Baca juga: Rusia Blokir Instagram, Facebook, hingga Twitter, Apa Penyebabnya?


Sebagaimana diketahui strategi tersebut adalah strategi yang selama ini digunakan TikTok yang membuatnya menjadi aplikasi yang banyak dipakai di dunia dan membuatnya menghasilkan banyak kreator baru.

Mark menyebut Meta akan membuat AI-nya menampilkan posting rekomendasi berupa konten yang dibagikan secara publik termasuk tautan dan foto.

Konten tambahan yang akan muncul tersebut adalah konten yang mungkin menarik pengguna, sehingga akhirnya meningkatkan keterlibatan dan kualitas umpan pengguna.

Jika fokus khusus TikTok adalah video pendek, Mark mengeklaim pendekatan Meta menggunakan AI akan cukup unik.

Di antaranya, konten tak dibatasi pada satu format saja namun juga memunculkan konten rekomendasi yang berupa semua jenis konten termasuk teks, gambar, tautan, konten grup dan lainnya.

Baca juga: Cek, Bocoran Fitur Baru Instagram pada 2022

Rencana Instagram pada 2023

Dikutip dari Business-standard, Meta bahkan berencana untuk menggandakan jumlah konten rekomendasi bagi pengguna di Instagram maupun Facebook pada akhir 2023 nanti.

Dengan demikian, akan lebih banyak konten dari orang tak dikenal di Instagram maupun Facebook nantinya.

"Saat ini, sekitar 15 persen konten di feed Facebook seseorang dan sedikit lebih banyak dari feed Instagram mereka direkomendasikan oleh AI kami, dari orang, grup, atau akun yang tidak Anda ikuti. Dan kami berharap angka ini akan meningkat lebih dari dua kali lipat pada akhir tahun depan," kata Mark.

Baca juga: Sejarah Instagram dan Cerita Awal Peluncurannya...

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Buat Instagram Reels dan Instagram Music

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com