Kompas.com - 30/07/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini menyimpan beragam wisata kuliner yang khas dan lezat.

Sama seperti wilayah lainnya, Medan juga memiliki makanan khas tradisional yang patut untuk dicoba. Bahkan, kenikmatan makanan tradisional khas Medan ini telah mendunia.

Selain itu, makanan enak di Medan bisa menjadi pilihan bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Sumatera Utara, misalnya berlibur Danau Toba.

Berikut Kompas.com merangkum makanan enak yang berasal dari Medan.

Baca juga: Makanan Enak di Jogja, Ada Gudeg hingga Sate Klathak

1. Soto Medan

Soto Medan. Dok. Sajian Sedap Soto Medan.
Hampir seluruh wilayah di Indonesia memiliki kuliner tradisional berupa soto, salah satunya Soto Medan yang populer di Sumatera Utara.

Dikutip dari laman Taste Atlas, Soto Medan merupakan salah satu makanan enak dan wajib dicoba ketika Anda berada di Medan. Hidangan ini menjadi makanan khas daerah yang sangat dicari.

Satu porsi Soto Medan terdiri dari perpaduan daging ayam atau sapi dengan kuah santan kental yang kaya akan bumbu rempah, seperti lengkuas, kunyit, jahe, dan ketumbar.

Daging di Soto Medan dimasak dengan empuk lalu disuwir dan digoreng sebelum disiram kuah kaldu yang beraroma.

Hidangan ini disajikan dengan berbagai bumbu seperti telur rebus, perkedel ikan, kerupuk udang, kentang goreng, atau bawang merah goreng. Adapun nasi disajikan sebagai pelengkap hidangan.

Baca juga: Makanan Enak di Jogja, Ada Gudeg hingga Sate Klathak

2. Arsik

Hidangan khas Medan yang terkenal dengan kelezatannya adalah arsik. Hidangan ini berasal dari masyarakat Mandailing dan Batak Toba, asli Sumatera Utara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.