Kompas.com - 30/07/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Amerika Serikat (AS) disebut secara teknis telah memasuki masa resesi. Hal itu dikemukakan oleh Menteri Keuangan RI Sri Mulyani, Jumat (29/7/2022).

"Pagi ini membaca (berita) AS negatif growth di kuartal II, technically masuk resesi," ujar Sri Mulyani, dikutip dari Kompas.com, (29/7/2022).

Sebagaimana diberitakan, pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal II-2022 tercatat minus 0,9 persen. Hal ini melanjutkan kontraksi kuartal I-2022 sebesar minus 1,6 persen.

Secara umum, definisi resesi adalah penurunan perekonomian selama dua kuartal berturut-turut. Namun, pihak AS membantah tidak terjadi resesi.

Menteri Keuangan AS Jannet Yellen menyatakan perekonomian AS belum mengalami resesi, tetapi dalam keadaan transisi.

Ia mengatakan, resesi adalah pelemahan ekonomi yang luas yakni mencakup PHK besar-besaran, penutupan bisnis, pelemahan daya beli rumah tangga, dan perlambatan aktivitas sektor swasta.

Lantas, apa itu resesi?

 Baca juga: Pengertian Apa itu Resesi dan Dampaknya

Apa itu resesi?

Resesi adalah periode penurunan roda perekonomian yang ditandai dengan melemahnya produk domestik bruto (PDB) selama dua kuartal berturut-turut.

Dikutip dari Kompas.com, (21/3/2021), resesi ekonomi ditandai dengan kenaikan tingkat pengangguran, penurunan penjualan ritel, dan terjadinya kontraksi di pendapatan manufaktur untuk periode waktu yang panjang.

Resesi ekonomi bisa juga diartikan sebagai pelambatan atau kontraksi besar dalam kegiatan ekonomi.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.