Kompas.com - 27/07/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Asesmen nasional berbasis komputer (ANBK) merupakan pelaksanaan asesmen nasional (AN) yang dilakukan secara daring.

Dikutip dari Kemendikbud, Asesmen Nasional adalah program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

AN dilakukan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Baca juga: Biaya Kuliah Jalur Mandiri UNS, Undip, Unpad, UI, dan UB

Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, Asesmen Nasional dirancang untuk mengganti ujian nasional (UN) dan evaluasi pendidikan.

"Perubahan mendasar Asesmen secara Nasional adalah tidak lagi mengevaluasi capaian murid secara individu, akan tetapi mengevaluasi secara sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil," kata Nadiem dikutip dari YouTube Pesmendik, Selasa (6/10/2022).

Dikutip dari Direktorat SMP Kemdikbud Ristek, ANBK adalah sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

Dalam pelaksanaannya, ANBK dilakukan dalam dua moda, yakni ANBK moda online dan semi online.

Baca juga: Biaya Kuliah Undip Jalur Mandiri 2022/2023

ANBK online harus dilakukan dengan sebuah komputer dengan memiiki akses internet yang stabil, hal ini digunakan oleh client untuk terhubung dengan Pusat Asesmen dan Pengajar (Pusmenjar).

Selain itu, pada ANBK online juga diharuskan memiliki sebuah komputer protokol yang berguna untuk membuka token.

Sedangkan ANBK semi online, komputer client tidak memiliki akses internet secara langsung.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.