Kompas.com - 27/07/2022, 07:31 WIB

KOMPAS.com - Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama memberikan penjelasan perihal hadirnya kartu ASN Virtual yang ramai di media sosial.

Menurut dia, kartu ASN Virtual adalah kartu identitas elektronik yang diberikan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk mempermudah pelayanan data ASN.

Kehadiran kartu ASN Virtual tersebut, imbuhnya, sebagai pengganti kartu fisik.

"Kartu ASN Virtual sebagai pengganti kartu fisik, dan peluncurannya sudah sejak 21 Juli 2022 pada Rakornas Kepegawaian BKN," ujar Satya kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN

Baca juga: Gaji PNS dan Tunjangannya

Sebelumnya, informasi perihal hadirnya kartu ASN Virtual ramai di media sosial Twitter.

Warganet ramai mempertanyakan soal hadirnya kartu ASN Virtual dan fungsinya.

Fungsi kartu ASN Virtual

Satya menjelaskan, kartu ASN Virtual berfungsi untuk mempermudah pelayanan data ASN.

Artinya, jika ada perbaikan data atau pembaruan (update) data ASN, tidak perlu lagi mengusulkan untuk pencetakan ulang Kartu Pegawai Negeri Sipil.

Selain itu, jika Kartu Pegawai Negeri Sipil fisik rusak/hilang maka semua PNS/PPPK yang sudah memiliki Terhitung Mulai Tanggal (TMT) PNS dan Tanggal Awal Kontrak PPPK tidak perlu lagi meminta instansi untuk mengusulkan pembuatan kartunya.

"Otomatis langsung mendapatkan kartu ASN Virtual tidak melalui usulan dari instansinya dulu," kata Satya.

Baca juga: Syarat ASN yang Dapat Rumah Dinas Gratis di IKN, Ini Penjelasannya

Kegiatan literasi digital bertajuk ASN Makin Cakap Digital di lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada Kamis, 14 Juli 2022.Dok KOMINFO Kegiatan literasi digital bertajuk ASN Makin Cakap Digital di lingkungan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada Kamis, 14 Juli 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.