Kompas.com - 25/06/2022, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa duduk selama 8 jam atau lebih per hari dapat berisiko 20 persen lebih tinggi terkena penyakit jantung atau kematian dini. 

Sementara duduk selama 6-8 jam setiap hari akan berisiko kematian dini 12 persen dan risiko penyakit jantung 13 persen lebih tinggi.

Hasil riset tersebut berdasarkan penelitian dari 105.677 koresponden di 21 negara yang dipublikasikan Jamal Network pada Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Duduk Terlalu Lama Picu Penyakit Jantung dan Kematian Dini

Tidak aktif beraktivitas berisiko 50 persen

Data penelitian tersebut berlaku untuk orang yang tinggal di negara penghasilan tinggi, menengah dan rendah.

Selain itu terdapat perbedaan risiko terkena penyakit dan kematian dini antara orang yang aktif dengan yang tidak aktif beraktivitas.

Penelitian menyebutkan jika manfaat kesehatan dari aktivitas fisik dapat mempengaruhi presentase risiko penyakit jantung dan kematian dini.

Orang yang banyak duduk dan tidak aktif beraktivitas memiliki risiko tertinggi hingga 50 persen.

Sedangkan orang yang banyak duduk namun aktif beraktivitas hanya memiliki risiko sebesar 17 persen.

Harlan Krumholz dari Yale School of Medicine mengatakan jika duduk terlalu lama tanpa diimbangi aktivitas fisik berhubungan dengan kematian dini dan penyakit jantung.

"Ketika masyarakat kita semakin beralih ke lebih banyak waktu di depan layar dan lebih sedikit aktivitas fisik, kita perlu mempertimbangkan efek apa yang mungkin terjadi pada kesehatan dan fungsi jangka panjang kita," katanya.

Baca juga: Henti Jantung Bisa Sebabkan Gangguan Mental, Begini Gejalanya

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.