Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Iklan Syarat Jadi BCA Prioritas Hanya Rp 10 Juta, Ini Kata BCA

Kompas.com - 08/06/2022, 12:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah warganet mengeluhkan soal adanya iklan yang berisi tawaran untuk menjadi nasabah BCA Prioritas di beberapa media sosial mereka.

Bahkan, salah satu warganet ada yang sempat kehilangan Rp 118 juta akibat mengikuti tawaran iklan tersebut.

"Temen temen info ya ketemen temennya, kalau ada iklan ini jangan di klik. Adek gw kena 118jt cuma dalam kurang 30 menit aja, Dear @BankBCA ini menggunakan alamat dan nama kalian loh, bukannya untuk mobile banking ada limit harian?" tulis akun Twitter ini.

Hingga Rabu (8/6/2022), twit itu sudah diretwit sebanyak 5.800 kali dan disukai sebanyak 11.900 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Dalam twit disebutkan juga bahwa salah satu syarat menjadi nasabah BCA Prioritas yakni memiliki saldo mengendap Rp 10 juta pada tabungan/giro, dan memiliki m-banking BCA.

Lalu, apakah betul iklan tersebut resmi dari BCA? Dan apakah untuk menjadi BCA Prioritas syaratnya hanya memiliki saldo sebesar Rp 10 juta saja?

Baca juga: Cara Blokir Kartu ATM BCA, BRI, BNI, Mandiri lewat M-Banking

Modus penipuan

Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F. Haryn mengatakan bahwa iklan yang mensyaratkan saldo nasabah minimal Rp 10 juta bukan akun resmi BCA.

"Akun tersebut bukan akun resmi BCA. Kami senantiasa mengimbau nasabah untuk berhati-hati atas modus penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan BCA," ujar Hera saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/6/2022).

Selain itu, Hera juga memberikan sejumlah tips agar nasabah tidak terkecoh dengan tawaran iklan yang belum jelas sumbernya.

Berikut tipsnya:

1. Akun resmi Instagram BCA hanyalah @GoodlifeBCA. Website resmi BCA adalah bca.co.id dan Website prioritas.bca.co.id serta aplikasi BYC Apps. Jika ada selain ini, sudah pasti itu PALSU. Cek semua akun resmi media sosial BCA: https://www.bca.co.id/socialmedia.

2. Keanggotaan BCA Prioritas hanya didapatkan melalui syarat dan ketentuan tertentu dan undangan dari pihak BCA. Jadi, jika ada pihak lain yang menawarkan cara instan menjadi nasabah BCA Prioritas sudah pasti itu adalah modus penipuan.

3. Awas link palsu! Jangan di-klik, apalagi mengisi data-data pribadi Anda di situ.

4. Jaga selalu kerahasiaan data pribadi Anda seperti nomor kartu, PIN, CVV/CVC, OTP dll. #DatamuRahasiamu.

Baca juga: Cara Cek dan Isi Saldo E-Toll Mandiri dan BCA

Syarat menjadi nasabah BCA Prioritas

Sementara itu, Hera memaparkan bahwa nasabah BCA Solitaire dan Prioritas merupakan suatu keanggotaaan (membership) yang bersifat eksklusif dan undangan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com