Kompas.com - 09/05/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Sepekan memasuki bulan Mei 2022, pemerintah memastikan ada sejumlah bantuan sosial yang akan diberikan kepada masyarakat.

Pemberian bantuan masih dilakukan dalam rangka pandemi, di mana Covid-19 melibas seluruh aspek sosial terutama roda perekonomian.

Berikut 5 bansos pemerintah yang disebut cair pada Mei 2022.

1. Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (3/5/2022), pemerintah menyebut bakal menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja swasta/buruh bergaji kurang dari Rp 3,5 juta per bulan.

Bantuan tersebut awalnya dijanjikan akan cair sebelum Lebaran 2022.

Mengenai hal itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi menyampaikan, pihaknya saat ini masih melakukan finalisasi regulasi dan cek data calon penerima.

"Kami masih memfinalkan regulasi dan juga kita cek data calon penerima. Semoga kalau ini sudah selesai kita bisa menyalurkan segera. Kita ingin perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporannya sesuai dengan tata kelola yang baik," kata Anwar pada Kompas.com, Sabtu (30/4/2022).

Saat ditanya terkait kapan kepastian BSU akan dicairkan, pihaknya tidak bisa memastikan. Pihaknya berharap penyaluran bisa segera dilakukan.

Sebagai informasi, pemerintah disebut bakal menggelontorkan dana sebanyak Rp 8,8 triliun untuk pengadaan program BSU 2022.

Baca juga: BSU Gagal Cair Sebelum Lebaran, Ini Penjelasan Kemnaker

2. Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW)

Dikutip dari situs resmi Kemenkeu, pemerintah mengadakan program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.