Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Ideal untuk Mudik Lebaran 2022?

Kompas.com - 20/04/2022, 12:03 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah memperkirakan akan ada 40 juta kendaraan yang terdiri dari motor dan mobil yang dipergunakan oleh para pemudik pada momen mudik Lebaran 2022.

Puluhan juta kendaraan tersebut terdiri dari 23 juta mobil dan 17 juta motor.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa jumlah kendaraan yang besar tersebut diprediksi akan menimbulkan macet yang parah.

"Dari survei Kementerian Perhubungan didapatkan hasil bahwa akan ada 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan oleh para pemudik. Ini adalah jumlah yang sangat besar, dan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah," ujar Jokowi dalam keterangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Catat, Ini Prediksi Puncak Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran 2022

Jokowi menyarankan kepada para pemudik untuk menghindari melakukan perjalanan pada waktu puncak arus mudik yang diprediksi akan terjadi pada 28, 29, dan 30 April 2022.

"Oleh karena itu, saya mengajak masyarakat untuk menghindari puncak arus mudik pada 28, 29 dan 30 April 2022," tegasnya.

Demi menanggulangi adanya kemacetan, pemerintah telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui pemberlakuan aturan satu arah (one way), ganjil genap, dan melarang truk masuk jalan tol.

Jokowi mengajak masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022 lebih awal yang tentunya menyesuaikan jadwal libur dari tempat bekerja masing-masing pemudik.

Baca juga: Mengenal Skema One Way dan Gage pada Mudik Lebaran 2022

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com