Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Pantangan yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Kompas.com - 27/02/2022, 16:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Pantangan bagi penderita gangguan asam lambung meliputi pola makan dan pola tidur tak sehat yang bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Naiknya asam lambung ke kerongkongan bisa menimbulkan sensasi tak menyenangkan seperti mual, muntah, mulut terasa pahit, hingga sensasi heartburn yang berupa dada terasa panas dan sesak.

Dilansir dari Very Well Health, gangguan heartburn yang kronis bisa mempengaruhi kualitas hidup kita. 

Heartburn bisa membuat kita jadi membatasi makanan favorit, menganggu waktu tidur, dan menurunkan kualitas kerja.

Gangguan asam lambung yang menyebabkan heartburn kronis sering diasosiasikan dengan GERD. Dan GERD bisa disembuhkan dengan obat-obatan juga pengaturan pola hidup, menghindari pantangan-pantangan bagi penderita gangguan asam lambung.

Baca juga: Kenali 6 Penyebab Bau Mulut, Salah Satunya adalah Asam Lambung

Berikut ini pantangan bagi penderita gangguan asam lambung yang harus dihindari:

1. Makan berlebihan

Jika menderita asam lambung, hindari makan dalam porsi besar karena bisa memicu makanan kembali ke kerongkongan.Unsplash/Sander Dalhuisen Jika menderita asam lambung, hindari makan dalam porsi besar karena bisa memicu makanan kembali ke kerongkongan.
Makan berlebihan atau makan dalam porsi besar bisa membuat perut melar.

Perut yang membesar ini akan menekan otot terbawah dari esofagus atau lower esophageal sphincter (LES). Tekanan pada LES inilah yang akan menyebabkan heartburn.

Jadi agar gangguan tak sering kambuh, makanlah dalam porsi kecil atau sedang, namun sering.

2. Makan terlalu cepat

Makan terlalu cepat membuat saluran cerna tak bisa maksimal dalam merombak makanan. Kerja saluran cerna yang tak optimal ini akan memicu heartburn.

Agar tak makan terlalu cepat, cobalah mengambil gigitan atau suapan kecil, dan kunyahlah 20 kali sebelum menelan makanan.

Baca juga: Berbagai Minuman untuk Redakan Keluhan Asam Lambung

3. Mengonsumsi makanan yang memicu asam lambung

Beberapa makanan bisa memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan. Beberapa makanan membuat LES lebih rileks, dan beberapa lagi memicu produksi asam lambung berlebihan.

Makanan yang merilekskan LES dan membuat asam lambung naik ke esofagus adalah gorengan, makanan tinggi lemak, makanan dengan tesktur creamy, produk susu, cokelat, peppemint, dan kafein.

Sedangkan makanan yang bisa memicu produksi asam lambung berlebih adalah kopi, minuman soda, alkohol, makanan pedas, saus tomat.

4. Langsung berbaring selepas makan

Sehabis makan janganlah langsung berbaring. Ketika Anda langsung berbaring dalam kondisi perut penuh, maka LES akan tertekan dan asam lambung akan naik ke esofagus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com