Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Risiko Minum Susu dalam Kondisi Perut Kosong

Kompas.com - 27/02/2022, 10:00 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Minum susu dalam kondisi perut kosong di pagi hari bukanlah ide yang bagus.

Karena minum susu dalam kondisi perut kosong bisa menyebabkan beberapa gangguan pencernaan.

Jika berbicara soal kesehatan, kita tak hanya harus memilih bahan pangan yang bernutrisi saja. Namun juga harus mengerti kapan waktu yang tepat untuk mengonsumsinya.

Dilansir dari Food NDTV,  waktu mengonsumsi makanan dan minuman bisa mempengaruhi keoptimalan penyerapan nutrisi dari asupan makanan dan minuman yang ada.

Termasuk di sini, waktu pemilihan pengonsumsian susu. Jika tak tepat, nutrisi di dalam susu justru tak akan terserap maksimal oleh tubuh.

Kapankah waktu tepat mengonsumsi susu?

Baca juga: Ini Kelebihan Susu Kentang, Susu Nabati Baru yang Lahir di Swedia

Waktu tepat minum susu

Ada penelitian yang membantah bahwa rutinitas minum susu sebelum tidur bermanfaat meningkatkan kualitas tidur.

Menurut penelitian tersebut, susu sendiri mengandung nutrisi lengkap layaknya makanan. Jadi ketika kita minum susu sebelum tidur, susu akan bertahan lama di dalam usus karena proses pencernaannya tak mudah.

Jangan mengonsumsi susu dalam kondisi perut kosong jika Anda memiliki alergi terhadap laktosa.SHUTTERSTOCK/Chatham172 Jangan mengonsumsi susu dalam kondisi perut kosong jika Anda memiliki alergi terhadap laktosa.
Efek yang didapat, kita akan tidur dalam kondisi perut terlalu kenyang, layaknya ketika kita melakukan kebiasaan makan sebelum tidur.

Anshul Jaibharat, ahli nutrisi dari New Delhi, mengatakan bahwa minum susu sebelum tidur bisa menimbulkan efek negatif bagi beberapa orang.

Lantas kapankah waktu yang tepat minum susu? Apakah di pagi hari sebelum makan pagi? Mengingat banyak orang melakukan kebiasaan ini, menyesap segelas susu atau kopi sebelum mengonsumsi makanan apapun.

Dr. Rupali Datta, ahli nutrisi, menyatakan bahwa susu layaknya makanan, mengandung nutrisi kompleks. 

"Jadi selama Anda tak memiliki gangguan alergi laktosa, minum susu di pagi hari ketika perut kosong tak akan menjadi masalah," ujarnya, seperti dikutip dari NDTV Food.

Namun jika Anda alergi terhadap laktosa, atau memiliki gangguan dalam saluran cerna, maka ahli gizi tak menyarankan untuk Anda mengonsumsi susu dalam kondisi perut kosong.

Namun Shilpa Arora, ND, ahli nutrisi, menyarankan agar susu tak dikonsumsi dalam kondisi perut kosong untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com