Manfaat Mandi Air Dingin, Mengusir Depresi dan Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 26/01/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com -  Di cuaca dingin dan basah seperti di musim penghujan, mandi air dingin di pagi hari adalah tantangan tersendiri.

Kebanyakan orang akan memilih mandi dengan air panas untuk menghangatkan tubuh karena cuaca sudah sangat dingin dan memicu gigil.

Padahal mandi air panas akan berisiko merusak kulit, memicu kekeringan pada permukaan kulit. Semakin panas suhu air, maka akan semakin kering pula kulit kita di siang hari.

Selain itu, mandi air dingin sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini sebabnya, sudah dari dulu kala air dingin digunakan sebagai alat terapi kesehatan, salah satunya adalah terapi untuk meredakan stres.

Apa saja manfaat kesehatan mandi air dingin? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: Tubuh Berkeringat Setelah Mandi, Apa yang Terjadi?

1. Meringankan depresi

Melansir dari Healthlinesalah satu terapi untuk meringakan dan meredakan depresi adalah hidroterapi. Yaitu mandi dengan air dingin selama lima menit dan dilakukan dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Mandi air dingin bisa digunakan meringankan gejala depresi.Shutterstock/Boyloso Mandi air dingin bisa digunakan meringankan gejala depresi.
Suhu dingin dari air bisa mengirimkan sinyal elektrik ke otak. Sinyal ini akan memicu tubuh dan otak untuk lebih terjaga dan lebih berenergi.

Ketika sinyal ini terkirim, hormon kebahagian atau hormon endorfin juga akan terpicu keluar. Sehingga efeknya tubuh akan lebih rileks dan optimis.

2. Menurunkan berat badan

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.