Penjelasan Peneliti Lapan soal Video Viral Banyaknya Meteor Jatuh di Indonesia pada 7 Mei 2022

Kompas.com - 19/01/2022, 06:05 WIB

KOMPAS.com - Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang memberikan penjelasan terkait video viral yang menyebutkan banyaknya meteor yang jatuh di langit Indonesia pada 7 Mei 2022.

Andi menegaskan, tidak ada meteor yang melintas dekat Bumi pada 7 Mei 2022.

Kendati demikian, berdekatan dengan waktu tersebut ada asteroid yang melintas dekat Bumi pada 9 Mei 2022.

Baca juga: Penjelasan BMKG dan Lapan soal Hujan yang Masih Turun di Musim Kemarau

Asteroid yang dimaksudkannya yakni asteroid 467460 atau 2006 JF42.

Meskipun asteroid tersebut memiliki ukuran lebih dari 300 meter dengan jarak perpotongan orbit minimumnya, Andi mengatakan asteroid tersebut masih akan melintas dekat Bumi secara aman.

"Asteroid ini masih dapat melintas dekat Bumi secara aman karena jarak terdekatnya masih lebih besar dari batas Roche," ujarnya kepada Kompas.com, Selasa (18/1/2022).

Baca juga: Mengapa Hujan Masih Turun meski Musim Kemarau? Ini Penjelasan Lapan

Keluarga asteroid Aten

Tangkapan layar unggahan video viral yang menyebutkan prediksi banyaknya meteor jatuh di langit Indonesia pada 7 Mei 2022.TikTok Tangkapan layar unggahan video viral yang menyebutkan prediksi banyaknya meteor jatuh di langit Indonesia pada 7 Mei 2022.

Andi menjelaskan, asteroid tersebut tergolong dalam keluarga asteroid Aten karena jarak rata-rata ke Matahari lebih kecil dari jarak rata-rata Bumi ke Matahari.

Selain itu, perihelionnya lebih kecil dibandingkan dengan perihelion Bumi. Asteroid tersebut mengorbit Matahari hanya dalam waktu 201 hari dengan kemiringan orbit 5,95 derajat dan kelonjongan 0,58 atau 2,9 kali kelonjongan orbit Merkurius.

“Asteroid ini pertama kali ditemukan pada 11 Mei 2006 oleh Catalina Sky Service di Observatorium Catalina, Arizona, AS,” pungkasnya.

Baca juga: Mengenal Gravitasi, Manfaatnya hingga Bisakah Hilang dari Bumi?

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.