Kompas.com - 16/01/2022, 17:51 WIB
Citra satelit yang diambil oleh Himawari-8, satelit cuaca Jepang, menunjukkan letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai di negara Pasifik Tonga Sabtu (15/1/2022). Letusan itu mengirimkan gelombang besar menerjang pantai dan orang-orang bergegas ke tempat yang lebih tinggi. JAPAN METEOROLOGY AGENCY via AP PHOTOCitra satelit yang diambil oleh Himawari-8, satelit cuaca Jepang, menunjukkan letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai di negara Pasifik Tonga Sabtu (15/1/2022). Letusan itu mengirimkan gelombang besar menerjang pantai dan orang-orang bergegas ke tempat yang lebih tinggi.

KOMPAS.com - Erupsi gunung api bawah laut terjadi di Tonga pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Akibat erupsi tersebut tsunami terjadi di wilayah Tonga.

Selain itu peringatan tsunami pun juga dikeluarkan beberapa negara termasuk Jepang, hingga Amerika Serikat.

Baca juga: Diterjang Tsunami, di Mana Letak Tonga?

Adanya erupsi dan tsunami di Tonga apakah berpengaruh di Indonesia?

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BKMG) Bambang Setiyo Prayitno menegaskan bahwa letusan gunung api di Tonga tersebut tidak berdampak di wilayah Indonesia.

“Berdasarkan hasil observasi muka laut yang dilakukan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), letusan gunung api tersebut tidak menimbulkan tsunami di wilayah Indonesia,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (16/1/2022).

Baca juga: Penjelasan Resmi BMKG soal Potensi Tsunami 28 Meter di Pacitan

Baca juga: Ramai soal Riset ITB, Berikut Tanda dan Hal-hal yang Perlu Dilakukan Saat Terjadi Tsunami...

Tsunami di Tonga, Australia, dan Papua Nugini

Tangkapan layar dari video yang merekam ombak tinggi menerjang wilayah pesisir dan menerjang beberapa rumah di Tonga. Sebuah gunung berapi bawah laut di Pasifik meletus dan memunculkan peringatan tsunami di beberapa negara, termasuk Tonga dan Selandia Baru pad aSabtu (15/1/2022).TWITTER @sakakimoana Tangkapan layar dari video yang merekam ombak tinggi menerjang wilayah pesisir dan menerjang beberapa rumah di Tonga. Sebuah gunung berapi bawah laut di Pasifik meletus dan memunculkan peringatan tsunami di beberapa negara, termasuk Tonga dan Selandia Baru pad aSabtu (15/1/2022).

Bambang mengatakan, berdasarkan observasi Pacific Tsunami Warning Center (PTWC), letusan gunung api di Tonga tersebut menimbulkan tsunami di daerah Twofold Bay, Australia pada Sabtu (15/1/2022) pukul 19.05 WIB dengan ketinggian 67 sentimeter.

Selain itu pada hari yang sama, tsunami juga terjadi di Lombrum Manus Island, Papua Nugini pada pukul 20.00 WIB dengan ketinggian 20 sentimeter.

Namun demikian, ia menekankan tsunami di sejumlah negara di atas tidak berpengaruh di wilayah Indonesia.

“Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya lagi.

Baca juga: Penjelasan Ahli ITB dan BMKG soal Tsunami Selat Sunda yang Dapat Menerjang Jakarta

Ia mengimbau agar masyarakat meng-update informasi resmi dari BMKG yang disebarkan melalui:

  • Instagram/Twitter: @infoBMKG
  • Website :https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id
  • Telegram channel: https://t.me/InaTEWS_BMKG),
  • Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg

Baca juga: Mengenali Tanda Tsunami dan Cara Menyelamatkan Diri

KOMPAS.com/Dhawam Pambudi Infografik: Tsunami, Tanda-Tanda dan Cara Menghadapinya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.