Kompas.com - 12/01/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Kopi enak diseduh kapan pun juga, baik di pagi hari selepas bangun tidur, di siang hari ketika energi sudah turun, atau di malam hari ketika kita butuh terjaga. 

Namun mengonsumsi kopi selepas makan bisa mempengaruhi cara kerja saluran cerna dalam menyerap nutrisi dalam makanan yang kita konsumsi. Dalam hal ini, kafein adalah yang berpengaruh paling besar.

Jadi agar tubuh tak kekurangan nutrisi, jangan membiasakan langsung menyesap kopi selepas Anda makan makanan tertentu.

Terutama, hindari mengonsumsi kopi bersamaan dengan jenis-jenis makanan berikut ini. Karena kafein dalam kopi bisa kontra dengan nutrisi di dalam makanan yang ada.

Berikut ini jenis makanan yang kontra dengan kopi:

Baca juga: Plus Minus Minum Kopi Sebelum Berolahraga

1. Makanan yang banyak mengandung kalsium

Kafein bisa mengganggu proses saluran cerna dalam menyerap kalsium dari keju.Shutterstock/Brian Yarvin Kafein bisa mengganggu proses saluran cerna dalam menyerap kalsium dari keju.
Melansir dari Healthy Eating, jangan mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium sebelum Anda minum kopi atau bersamaan dengan Anda minum kopi.

Makanan tinggi kalsium adalah makanan-makanan yang mengandung susu seperti yoghurt dan keju.

Kafein dalam kopi bisa menghalangi tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan, dan malah membuang kalsium dari makanan melalui urine. 

Jadi agar tubuh tak kekurangan kalsium, jangan konsumsi kopi dengan makanan yang tinggi kalsium ini. Atau, seduhlah kopi tanpa kafein sehingga saluran cerna tetap dapat menyerap kalsium dari makanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.