Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Video Letusan Gunung White Island di Selandia Baru

Kompas.com - 14/12/2021, 11:47 WIB
Tim Cek Fakta

Penulis

hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menyebut video letusan gunung berapi di White Island, Selandia Baru beredar di media sosial, Facebook.

Video tersebut disertai narasi bahwa letusan terjadi pada 9 Desember 2019 itu menewaskan 22 orang.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, video letusan gunung itu tidak benar alias hoaks.

Video itu sebenarnya adalah video simulasi dari Galeri Gunung Berapi, Museum Auckland yang dibuat untuk tujuan pendidikan gempa bumi yang disebabkan oleh gunung berapi.

Narasi yang beredar

Video yang menampilkan letusan gunung berapi di White Island di Selandia Baru disebarkan oleh akun ini, ini, ini, ini, dan ini.

Video tersebut berdurasi 1 menit 32 detik. Di detik ke-15, mulai muncul semburan asap yang semakin lama semakin membumbung tinggi ke udara.

Pengunggah mengklaim bahwa itu adalah video dari letusan gunung berapi di White Island, Selandia Baru pada 9 Desember 2019 yang menewaskan 22 orang.

Berikut narasi lengkapnya:

'BEGINILAH PROSES TERJADINYA GUNUNG MELETUS
Sebuah kamera yg diletakkan di suatu rumah merekam letusan gunung White Island di New Zealand, yg merenggut 22 nyawa pd 9 Des 2019. Tunggu 24 detik sampai alam menunjukkan kedahsyatannya.
Kamera sempat "mati", tapi tayangan video ini blm berakhir!
Tunggu 24 detik lagi""

Penelusuran Kompas.com

Dari penelusuran Kompas.com, video yang disebarkan tersebut bukanlah video letusan gunung berapi di White Island pada 9 Desember 2019.

Sumber asli video itu berasal dari YouTube Auckland War Memorial Museum yang diunggah pada 19 Desember 2019.

Itu adalah video simulasi dari Galeri Gunug Berapi, Museum Auckland yang dibuat untuk tujuan pendidikan gempa bumi yang disebabkan oleh gunung berapi.

Video simulasi untuk tujuan pendidikan gempa bumi yang disebabkan oleh gunung berapi, dari Galeri Gunug Berapi, Museum Auckland.Galeri Gunug Berapi, Museum Auckland Video simulasi untuk tujuan pendidikan gempa bumi yang disebabkan oleh gunung berapi, dari Galeri Gunug Berapi, Museum Auckland.

Adapun terkait letusan gunung di Selandia Baru, Kompas.com menelusuri pemberitaan dari media luar negeri.

Dibertakan AP News, 9 Desember 2020, letusan gunung berapi di White Island memang benar terjadi pada 19 Desember 2019 dan menewaskan 22 orang.

Sedikitnya 47 orang tengah berkunjung ketika uap panas keluar dari dasar kawah. Mereka yang selamat mengalami luka bakar parah.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com