Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Yogyakarta, Kota yang Memanggil Kita Tanpa Pernah Memaksa

Kompas.com - 14/12/2021, 09:11 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

HAI, apa kabarmu?

Semoga kabarmu baik karena anugerah kesehatan dan sejumlah kabar gembira di seputar penanganan pandemi di Indonesia.

Kabar gembira itu adalah batalnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 selama libut Natal dan Tahun Baru (24 Desember 2021-2 Januari 2022) di seluruh wilayah Indonesia.

Pembatalan dilakukan per 12 Desember 2021. Tidak ada larangan bepergian bagi warga selama libut Natal dan Tahun Baru.

Hal ini menjadi kabar gembira bukan hanya karena pembatalan PPKM level 3, tetapi karena alasan di balik pembatalannya.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mengemukakan, ada perbaikan penanganan pandemi Covid-19 dari sejumlah indikasi dan data.

Pertama, kasus aktif harian stabil di bawah angka 400 kasus. Angka kasus harian di bawah 400 kasus ini berkontribusi juga untuk turunnya kasus aktif Covid-19 di rumah sakit.

Kedua, ada perbaikain penanganan pandemi di kabupaten dan kota di seluruh Indonesia. Di Jawa Bali misalnya, hanya 12 kabupaten/kota yang masih masuk level 3 atau di bawah 10 persen dari total.

Ketiga, vaksinasi lansia (usia paling beresiko) di Jawa dan Bali mencapai 64 persen untuk suntikan pertama. Suntikan kedua untuk kategori usia ini mencapai 42 persen.

Tingginya penerimaan vaksin di Indonesia ini membentuk antibodi yang tinggi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar PandjaitanDok. Humas Kemenko Kemaritiman dan Investasi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Secara keseluruhan, Indonesia sudah menyuntikkan 250 juta dosis vaksin. Sejumlah 103 juta warga sudah menerima vaksin dosis kedua atau sekitar 40 persen dari jumlah penduduk.

Dengan capaian-capaian ini, PPKM level 3 yang semula diwacanakan untuk mencegah mobilitas warga selama libur Natal dan Tahun Baru agar tidak terjadi penularan virus dibatalkan.

Artinya, warga selama 24 Desember 2021-2 Januari 2022 tidak dilarang bepergian meskipun dengan persyaratan yang dinyatakan.

Untuk perjalanan jarak jauh lewat darat, diwajibkan tes antigen dengan hasil negatif 1X24 jam sebelum perjalanan.

Perjalanan lewat udara, diwajibkan tes PCR dengan hasil negatif 3X24 jam sebelum perjalanan. Syarat perjalanan ini berlaku juga untuk anak-anak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.