5 Cara Mengobati Panu Paling Ampuh dengan Bahan Sederhana

Kompas.com - 05/12/2021, 14:30 WIB
Ilustrasi panu Ilustrasi panu

KOMPAS.com - Cara mengobati panu atau obat panu yang paling ampuh banyak dicari. Hal itu karena penyakit ini cukup mengganggu. 

Panu atau tinea versicolor adalah nama penyakit yang dapat dikenali dari munculnya bercak berwarna lebih terang atau gelap pada permukaan kulit.

Penyakit kulit ini disebabkan oleh infeksi jamur Malassezia yang tumbuh di luar kendali dan mempengaruhi warna alami atau pigmentasi kulit.

Baca juga: Panu: Penyebab, Gejala, Cara Mencegah, dan Mengatasinya

Panu dapat dialami oleh semua orang dari berbagai latar belakang etnis. Akan tetapi, penyakit ini lebih umum terjadi pada kelompok remaja dan dewasa muda.

Faktor yang dapat mendorong pertumbuhan jamur Malassezia penyebab panu antara lain cuaca panas dan lembab, keringat berlebih, kulit berminyak, sistem kekebalan tubuh yang melemah, atau perubahan hormon.

Cara mengobati panu

Melansir Pharmeasy.in, panu dapat diobati secara mandiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana, misalnya:

1. Cuci dengan air dan sabun

Bersihkan area kulit yang terkena panu dengan sabun dan air dua kali sehari sebelum menerapkan pengobatan untuk mengontrol penyebaran infeksi.

Meskipun sabun dan air tidak selalu dapat menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya, hal ini membantu menjaga penyebaran dan menurunkan intensitas infeksi.

2. Gunakan cuka apel

Cuka apel memiliki sifat antijamur yang berguna untuk melawan jamur Malassezia penyebab panu.

Campuran dua sendok makan cuka apel dengan air hangat dapat diminum atau dicelupkan ke bola kapas dan dioleskan pada permukaan kulit yang terkena panu.

3. Olesan minyak kelapa

Sama seperti cuka apel, minyak kelapa juga memiliki kemampuan untuk melawan jamur.

Mengoleskan minyak kelapa ke permukaan kulit yang terkena panu tiga kali sehari dapat mengobati infeksi jamur yang menyerang.

Baca juga: Penyakit Tertua di Dunia dengan Gejala seperti Panu, Itulah Kusta

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.