Kompas.com - 06/12/2021, 20:30 WIB
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah informasi menyebut dokter yang juga pejabat kesehatan Malaysia Dr Chai Koh Meow meninggal dunia setelah mendapatkan suntikan booster vaksin Pfizer. 

Dari hasil penelusuran Tim Cek Fakta, dipastikan bahwa informasi tersebut tidak benar atau hoaks.

Kementerian Kesehatan Malaysia menegaskan bahwa kematian Dr Chai disebabkan oleh gagal jantung dan bukan dikarenakan vaksinasi Covid-19.

Direktur Jenderal Kesehatan Tan Sri Dr Noor Hisham Abdullah mengatakan bahwa berdasarkan laporan post-mortem, ditemukan penyebab kematian Dr Chai dikarenakan hemoperikardium, penyakit arteri koroner dan infark miokard.

Narasi yang beredar

Akun Facebook ini mengunggah informasi tersebut pada 23 November lalu, dengan menyematkan sebuah link artikel.

Dituliskan bahwa Deputi Direktur Departemen Kesehatan Malaysia Dr Chai Koh Meow meninggal dunia setelah mengalami gejala kesehatan seperti demam dan rasa sakit di tubuhnya.

Dalam unggahan tersebut, dinarasikan bahwa Dr Chai sebelumnya mendapatkan suntikan vaksin Sinovac, dan setelah itu memperoleh vaksin booster Pfizer.

Bahkan, disebutkan jika penerima vaksin konvensional Sinovac sebaiknya tidak dicampur dengan vaksin mRNA, seperti Pfizer atau Moderna.

Berikut narasi unggahan selengkapnya:

"SEMOGA INDONESIA PUNYA VAKSIN SENDIRI ?
WARNING !!!!!
*Info Kesehatan*

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.