Kompas.com - 01/12/2021, 12:05 WIB
Tangkapan layar twit terkait pajak yang dibebankan kepada salah satu seller e-commerce. TwitterTangkapan layar twit terkait pajak yang dibebankan kepada salah satu seller e-commerce.

KOMPAS.com - Informasi mengenai adanya seller (penjual) di salah satu e-commerce disebut tidak memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan dikenai pajak sebesar Rp 35 juta viral di media sosial pada Rabu (24/11/2021).

Karena tidak memiliki NPWP, penjual itu pun tidak membayar pajak selama 2 tahun dan berimbas dikirimnya surat peringatan untuk membayar pajak dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

"Yang udah berjualan dan baru dagang onlen, ingat kalo ada pajak. Ternyata selama ini data transaksi seller sopi diterima oleh kantor pajak, gatau kalo mp lain, kayaknya sih iya juga.

Doi belum punya NPWP, 2 tahun ga bayar pajak kena 35 juta," tulis akun Twitter ini.

Seperti diketahui, NPWP terdiri dari 2 jenis yakni NPWP Badan Usaha dan NPWP Orang Pribadi (OP).

Baca juga: Begini Aturan Pajak bagi UMKM atau Pengusaha Olshop

Lalu, jenis NPWP mana yang digunakan oleh penjual dan bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat NPWP

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Neilmaldrin Noor mengatakan bahwa jika toko online yang dikelola seorang diri, maka bisa menggunakan jenis NPWP OP.

"Ya kalau memang seller-nya orang pribadi (pakai) yang NPWP OP," ujar Neilmaldrin saat dihubungi Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Ia menambahkan, cara melakukan pendaftaran NPWP OP bisa melalui online atau datang ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat.

Baca juga: Soal Pajak Pulsa, Ini Aturan Lengkapnya dan Penjelasan Kemenkeu

Syarat membuat NPWP OP

Ilustrasi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau NPWP. Cara buat NPWP online.SHUTTERSTOCK/SUKARMAN ST Ilustrasi kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau NPWP. Cara buat NPWP online.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.