Kompas.com - 30/11/2021, 13:27 WIB
Ilustrasi HIV/AIDS, penularan HIV, pencegahan HIV Shutterstock/alexkichIlustrasi HIV/AIDS, penularan HIV, pencegahan HIV

KOMPAS.com - Dunia memperingati Hari AIDS Sedunia setiap 1 Desember. Tahun ini, peringatan Hari AIDS akan jatuh pada Rabu (1/12/2021) besok.

AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome ) merupakan stadium akhir dari infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Berdasarkan laporan paling baru (triwulan pertama 2017) dari Kementerian Kesehatan di laman SIHA, diketahui selama Januari-Maret 2017 terdapat 10.376 infeksi HIV yang dilaporkan dan 69,6 persen kasus terjadi pada kelompok usia 25-49 tahun.

Sementara AIDS, dalam rentang waktu yang sama dilaporkan ada sebanyak 673 kasus dan paling banyak dialami oleh mereka yang ada di rentang usia 30-39 tahun, yakni sebesar 38,6 persen.

Apa refleksi peringatan Hari AIDS Sedunia?

Koordinator Kampanye Yayasan AIDS Indonesia (YAIDS), Verrel Yudistira, mengatakan, persoalan masih melingkupi Orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

Salah satunya, stigma terhadap penderita HIV/AIDS.

"Di masyarakat sosial, kehidupan seorang ODHA memang masih sering mendapatkan penolakan dari masyarakat. Sebagai contoh, beberapa waktu lalu ada seorang anak SD yang tidak diterima di sekolahnya dan dikeluarkan di sekolahnya, karena yang bersangkutan terinfeksi HIV," kata Verrel saat dihubungi Selasa (30 /11/2021).

Padahal, HIV/AIDS tidak akan menular hanya dengan hidup bersama di lingkungan masyarakat.

Meskipun, ada yang sudah memahami bagaimana HIV/AIDS menyebar sehingga tak menolak keberadaan ODHA di sekitarnya.

Namun, banyak juga yang masih keliru dalam memahami proses penularan HIV/AIDS.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.