Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Menelaah Nama Selandia Baru

Kompas.com - 30/11/2021, 09:34 WIB
Ilustrasi. PIXABAY/ ONESTOPMAPIlustrasi.

AKIBAT seorang keponakan saya merencanakan pindah dari Australia ke Selandia Baru maka saya tertarik kepada nama Selandia Baru yang menjadi populer di planet bumi berkat seorang perempuan bernama Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru, yang dianggap terbaik memimpin negerinya dalam menghadapi pagebluk Corona.

Baca juga: Profil Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru

Etimologi

Di dalam bahasa Inggris Selandia Baru disebut New Zealand. Semula saya menduga bahwa nama Zealand berasal dari sebuah pulau di Denmark bernama Zealand lokasi ibukota Denmark, Kopenhagen, berada.

Zea dalam bahasa Denmark bermakna laut, sementara land adalah daratan. Maka, Zealand dapat dimaknai sebagai sebuah daratan yang berada di laut.

Memang begitu kenyataannya di sebuah negara yang disebut sebagai Denmark yang secara geografis sedaratan dengan Jerman meski termasuk negara Nordik bersama Norwegia, Swedia, Finlandia, Faroe, Iceland, Tanah Hijau (Greenland).

Baca juga: New Zealand, New York, New Mexico: Mengapa Wilayah Ini Pakai Awalan New?

 

Tidak jelas bagaimana riwayat nama sebuah pulau yang berada di dalam wilayah Denmark kemudian digunakan sebagai nama sebuah negara yang semula wilayah koloni Inggris terdiri dari dua pulau bertetangga di kawasan Oceania ditambah predikat new alias baru.

Namun dugaan saya bahwa nama Zealand berasal dari nama pulau di Denmark ternyata keliru. Sebab, menurut kesepakatan para sejarawan, konon nama Zealand pertama digunakan oleh para kartografer Belanda yang mengubah nama Staten Landt oleh Abel Tasman menjadi Nova Zeelandia yang berasal dari nama Zeeland, sebuah provinsi di Belanda.

Pribumi

Yang memberi nama New Zealand bukan kaum pribumi namun kaum pendatang dari Eropa. Menarik bahwa nama asli Selandia Baru yaitu Aotearoa tidak pernah berhasil mengungguli nama Selandia Baru sebab masyarakat Maori memang menggunakan nama Aotearoa terbatas hanya untuk pulau utara saja. Sementara, Selandia Baru adalah nama pulau utara mau pun selatan.

Baca juga: Lebih Jauh Mengenal Suku Maori di Selandia Baru

 

Tidak kalah menarik adalah nama New Zealand di dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Selandia Baru namun New York bukan York Baru, New Hampshire bukan Hampshire Baru, New Territories bukan Territories Baru, New Mexico bukan Meksiko Baru, New Caledonia bukan Kaledonia Baru

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.