Manakah yang Lebih Sehat, Tidur dengan Lampu Menyala atau Mati?

Kompas.com - 29/11/2021, 21:00 WIB
Tidur dengan lampu atau peralatan elektronik menyala bisa memicu gangguan tidur. Unsplash/Ethan MedranoTidur dengan lampu atau peralatan elektronik menyala bisa memicu gangguan tidur.

KOMPAS.com - Beberapa orang memilih tidur dengan mematikan lampu, beberapa lagi memilih terpejam dengan lampu terus menyala. 

Apakah pencahayaan lampu ketika tidur bisa mempengaruhi kesehatan kita? 

Melansir dari berbagai sumber, pilihan antara mematikan atau menyalakan lampu ini ternyata memang bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Lebih tepatnya, sumber-sumber cahaya di sekitar tempat tidur, sangat bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Sumber cahaya di sini tak hanya lampu, namun juga nyala dari monitor ponsel, laptop, juga televisi.

Melansir dari Healthlinetidur dengan lampu dan layar ponsel atau televisi yang terus menyala hingga pagi sangat bisa mengurangi kualitas tidur.

Baca juga: Ini Manfaat Tidur Mengenakan Kaus Kaki

Pengaruh pencahayaan terhadap kualitas tidur

Tidur dengan lampu terang benderang bisa memberikan sinyal yang salah ke otak dan membuat kita tak bisa tidur dengan nyenyak.

Hal ini berkaitan erat dengan ritme sirkadian kita atau ritme biologis tubuh. Ketika Anda membiarkan lampu tetap menyala terang benderang maka tubuh akan menangkapnya sebagai sinyal untuk terus terjaga.

Ilustrasi tidurAnaBGD Ilustrasi tidur
Bahkan mengutip dari Sleep Foundation, cahaya juga bisa mempengaruhi produksi melatonin, hormon yang mengatur tubuh beristirahat.

Ketika hari menjadi gelap atau pencahayaan berkurang, otak akan meresponnnya dengan memproduksi melatonin. Jadi ketika cahaya terus ada, otak pun tak akan segera memproduksi melatonin. 

Jam biologis tubuh sendiri ada di dua perbedaan waktu, yaitu dari terang ke gelap. Ketika di terang hari tubuh akan terjaga, maka ketika hari sudah gelap tubuh akan mulai masuk dalam fase istirahat.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.