Chappy Hakim
KSAU 2002-2005

Penulis buku "Tanah Air Udaraku Indonesia"

Ketika Harga PCR Lebih Mahal dari Harga Tiket Pesawat

Kompas.com - 26/10/2021, 11:23 WIB
Ilustrasi: Penumpang pesawat menjalani tes COVID-19 berbasis 'Polymerase Chain Reaction' (PCR). ANTARA FOTO/FIKRI YUSUFIlustrasi: Penumpang pesawat menjalani tes COVID-19 berbasis 'Polymerase Chain Reaction' (PCR).

PAGI ini saya menerima pesan WA di salah satu grup WA yang sangat menarik perhatian. Pesannya sangat singkat, “Terbang dari Jakarta ke Surabaya harga tiketnya Rp 475 ribu dan PCR nya Rp 495 ribu.”

 

Harga PCR lebih mahal dari harga tiket.

Beberapa hari ini memang tengah heboh soal test PCR yang “hanya” wajib bagi para penumpang angkutan udara saja.

Sulit rasanya memahami kebijakan seperti ini meski pemerintah tentu punya pertimbangan yang matang.

Tapi, masyarakat punya logikanya sendiri. Di tengah situasi yang serba sulit di masa pandemi Covid-19, masyarakat menjadi sangat sensitif untuk segala urusan yang merogoh kocek lebih dalam. 

Maka, di masa sulit seperti ini, seyogianya keputusan soal PCR wajib bagi para penumpang pesawat terbang dijelaskan lebih dulu supaya tidak menimbulkan gejolak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pandangan bahwa kebijakan ini diskriminatif sulit dihindari. Penumpang moda transportasi darat dan laut tidak perlu PCR sementara udara harus PCR. Tak heran banyak yang protes. Jika kebijakan ini lebih dulu dijelaskan, kemungkinan besar protes akan lebih mudah di redam.

Pengguna jasa angkutan udara menjadi lebih sensitif karena kita baru saja menikmati situasi kondusif untuk bepergian. Angka penularan Covid-19 melandai.

Demikian pula para penyelenggara transportasi udara. Setelah sekian lama operasional penerbangan terhambat kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), kini mereka boleh bernapas lega dan penuh harap menyambut para penumpang. 

Masyarakat juga menjadi lebih sensitif karena banyak yang tengah mempersiapkan masa liburan akhir tahun yang ditunggu-tunggu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.