Kompas.com - 25/10/2021, 17:35 WIB
Sejumlah penumpang kereta api berada di Stasiun Gubeng Baru, Surabaya. DOK. PT KAI DAOP 8 SURABAYASejumlah penumpang kereta api berada di Stasiun Gubeng Baru, Surabaya.

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mewajibkan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat melakukan pemesanan tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) mulai besok, Selasa (26/10/2021).

Penggunaan NIK ini berlaku untuk pelanggan dewasa maupun anak-anak dalam rangka mendukung program pemerintah dalam upaya penggunaan NIK pada semua sektor layanan publik.

Selain itu, penggunaan NIK bertujuan untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan Covid-19 calon pelanggan.

Hal ini dikarenakan, PT KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI.

Baca juga: Beli Tiket Kereta Api Wajib Pakai NIK atau Paspor, Apa Alasannya?

Wajib NIK

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, calon pengguna yang akan melakukan pemesanan tiket untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikampek dan Karawang bahwa untuk keberangkatan mulai 26 Oktober 2021 wajib menggunakan NIK baik bagi penumpang dewasa maupun anak-anak.

Sementara itu, bagi Warga Negara Asing (WNA) wajib menggunakan nomor identitas yang ada pada paspor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Bagi pelanggan yang sudah terdaftar pada program Membership KAI Access serta pelanggan yang memiliki hak tarif reduksi namun data nomor identitas masih belum menggunakan NIK, maka pelanggan tersebut diminta untuk segera melakukan update data agar proses verifikasi berjalan lancar," ujar Eva, melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (25/10/2021).

Untuk diketahui, proses pembaruan data dapat dilakukan melalui loket stasiun, aplikasi KAI Access dan customer service stasiun atau contact center KAI melalui WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121 mulai 15 Oktober lalu.

"Di Area Daop 1 Jakarta proses update data di loket dapat dilakukan di sejumlah Stasiun diantaranya Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota Bekasi, Cikampek dan Karawang," kata Eva.

Aturan penggunaan NIK dan paspor akan otomatis memverifikasi data vaksinasi saat proses boarding.

Baca juga: Aturan Baru Naik Kereta Api PPKM 19 Oktober-1 November 2021

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.