Kompas.com - 20/10/2021, 21:01 WIB
Tarif endorse influencer artis termahal di dunia saat ini screenshootTarif endorse influencer artis termahal di dunia saat ini

KOMPAS.com - Media sosial kini menjadi ladang subur bagi bisnis periklanan atau endorsement. Seiring dengan berkembangnya bisnis tersebut, muncul pula influencer.

Di era kampanye digital, jasa influencer dijalankan secara profesional.

Mereka yang populer dan memiliki banyak followres di media sosial, bisa memanfaatkan ketenarannya untuk menghasilkan cuan.

Baca juga: Viral Diduga Tarif Endorse Rachel Vennya, Ini 15 Influencer Termahal di Dunia

Tidak ada standard

Pengamat media sosial Enda Nasution mengatakan, sejauh ini belum ada standardisasi mengenai batasan tarif yang influencer.

Menurutnya, influencer bisa menentukan rate card atau perincian biaya endorsement sesuka hatinya, selama pengiklan bersedia membayar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini sih enggak ada standarisasinya, jadi selama yang mau bayar masih ada, influencer bebas menentukan rate cardnya," ungkap Enda saat dihubungi Kompas.com, Rabu (20/10/2021).

Belakangan, warganet dihebohkan dengan rate card influencer Rachel Vennya yang beredar di Twitter.

Melalui tangkapan gambar yang beredar tersebut, tarif untuk satu kali unggahan foto Instagram bisa mencapai puluhan juta per foto. Sementara tarif paling mahal yakni Youtuber dengan tarif ratusan juta.

Mengapa rate card atau tarif endorsment influencer bisa mahal?

Tidak sekadar jumlah followers

Enda mengungkapkan bahwa tarif endorsment influencer tidak sekadar dipengaruhi oleh jumlah followers yang ia miliki di media sosial.

"Iya, jumlah follower, engagement rate (ER) biasanya standar, apalagi kalau follower sudah jutaan biasanya ER kecil," tukasnya.

Baca juga: Menanti Proses Pemeriksaan Polisi terhadap Rachel Vennya...

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.