Kompas.com - 19/10/2021, 12:52 WIB
Tangkapan layar daftar barang dari harga lelang non-eksekusi internal yang disebut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) FacebookTangkapan layar daftar barang dari harga lelang non-eksekusi internal yang disebut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu)
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang menginformasikan daftar barang dari harga lelang non-eksekusi internal yang diklaim dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) beredar di media sosial Facebook.

Informasi yang beredar itu juga menyebutkan jenis kendaraan, tipe, tahun, dan harga barang lelang.

Saat dikonfirmasi, Kemenkeu menyatakan informasi tersebut adalah hoaks.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi  daftar barang dari harga OTR lelang non-eksekusi internal ini diunggah oleh akun Facebook ini dan ini.

Tangkapan layar informasi terkait adanya daftar barang dari harga lelang non-eksekusi internal yang disebut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).Facebook Tangkapan layar informasi terkait adanya daftar barang dari harga lelang non-eksekusi internal yang disebut dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Unggahan itu membagikan foto yang menampilkan daftar jenis kendaraan (mobil), tipe dan tahun, serta harga barang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada kop dari lampiran daftar tersebut tersemat logo Kemenkeu dan di bawahnya dituliskan "Kementerian Keuangan Negara Republik Indonesia, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang".

Selain itu, pada bagian bawah daftar barang juga tercantum logo BCA, BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

Konfirmasi Kompas.com

Direktur Hukum dan Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kemenkeu, Tri Wahyuningsih Retno Mulyani menyatakan, informasi mengenai daftar lelang non-eksekusi yang beredar di media sosial adalah hoaks.

"Dokumen yang beredar di media sosial dipastikan hoaks. Lelang resmi yang diselenggarakan di DJKN Kemenkeu hanya melalui lelang.go.id," ujar Tri saat dikonfirmasi Kompas.com, Selasa (19/10/2021).

Ia mengingatkan, penipuan bermodus lelang barang bea cukai biasanya tidak melalui platform komunikasi resmi atau tidak melalui situs www.lelang.go.id.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.