Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pembelajaran Kemanusiaan.

Kearifan 3-B Kampung Mafta

Kompas.com - 19/10/2021, 09:46 WIB
Ilustrasi solidaritas Dok. ShutterstockIlustrasi solidaritas

YANG diidamkan oleh Bung Hatta ternyata telah menjadi kenyataan di Kampung Majelis Ta’lim Fardhu atau lebih dikenal dengan nama Kampung Mafta yang terletak di Dusun III Darat Hulu, Desa Telaga Said, Kecamatan Sei Lepan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

Milik bersama

Masyarakat Kampung Mafta dengan kawasan seluas hanya 20 hektar hidup secara harafiah bergotong-royong mengelola peternakan, perikanan hingga pertanian sebagai milik bersama.

Ada pula beberapa industri kecil seperti pengolahan tahu, batu bata, jajanan tradisional, air minum dalam botol.

Kampung Mafta juga memiliki sebuah masjid bertingkat, rumah sehat, gedung majlis taklim, dan lain sebagainya.

Hingga saat ini Kampung Mafta dihuni 260 KK atau sekitar 1.100an jiwa yang hidup secara berdampingan dan memiliki pemimpin kampung yang disebut sebagai Tuwan Imam.

Kearifan Kampung Matfa adalah 3-B (bersabar, bersyukur, dan berbagi). Kearifan 3-B teguh dipegang demi mencegah timbul rasa kecemburuan sosial sehingga segala sektor kehidupan dapat berjalan adil dan tenteram.

Sebelum bergabung ke masyarakat Kampung Mafta, para calon penghuni harus memiliki komitmen untuk dapat meninggalkan semangat memperkaya diri sendiri secara harta-benda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Demi menguatkan rasa kebersamaan Kampung Maftah tidak ada warga yang lebih kaya mau pun lebih miskin dari warga lain-lainnya. Bahkan tidak ada warga yang memiliki dapur pribadi.

Hanya ada satu dapur untuk memasak makanan bagi seluruh warga kampung. Setiap hari, 25-30 para ibu yang telah diberi jadwal piket akan memasak dengan aneka lauk yang akan diberikan kepada seribuan warga tiap hari.

Para ibu sudah mulai memasak sejak pukul 04.00 dan selesai usai Subuh. Kemudian akan dilanjut kembali pada menjelang siang hari.

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.