Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Selalu Sisipkan Keragu-raguan untuk Setiap Klaim Kebenaran

Kompas.com - 19/10/2021, 09:10 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

HAI, apa kabarmu?

Semoga kabarmu baik. Musim hujan yang makin kerap datang semoga menambah kegembiraan, menambah kebaikan, bukan sebaliknya.

Berbeda dengan pengalaman kegembiraan yang mengikuti hujan di kampung halaman, hujan kerap memunculkan perasaan khawatir untuk banyak warga yang tinggal di perkotaan.

Terlebih jika hujan itu turun saat aktivitas di perkotaan dimulai atau diakhiri. Seperti Senin (18/10/2021), saat hujan turun merata di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak dini hari.

Aktivitas yang kembali normal karena kemampuan kita semua mengendalikan pandemi menemui wujud normalnya, Senin pagi.

Salah satu kekhawatiran karena hujan mewujud. Macet terjumpai di mana-mana karena kekecauan tiba-tiba menyeruak. Salah satunya, para pengendara sepeda motor berjajar berteduh di bawah jembatan penyeberangan.

Kapan terakhir kegembiraanmu membuncah saat hujan turun? Kalau lebih banyak kekhawatiran daripada kegembiraan karena hujan, perlu dicek apa sumber kekhawatiran itu.

Menurut perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan akan lebih kerap datang karena musimnya sudah tiba.

Musim hujan 2021 datang lebih awal di sebagian besar wilayah Indonesia. Saat ini adalah masa peralihan menuju musim hujan itu. 

Ilustrasi hujan, musim hujanShutterstock Ilustrasi hujan, musim hujan
Jika sumber kekhawatiran tidak ditemukan, musim hujan yang biasanya berlangsung beberapa bulan bisa jadi gangguan atau tekanan mental terus menerus.

Temukan gembiramu karena hujan seperti para petani di desa-desa yang menatap penuh gembira dan rasa syukur karena hujan yang turun dari langit akan menyuburkan tanah-tanah pertanian. 

Oya, soal kegembiraan di tengah musim hujan yang datang, kita mendapatkannya serentak Minggu (17/10/2021) malam.

Tim bulutangkis Indonesia memenangkan kejuaraan Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Upaya gigih dan panjang menjadi juara selama 19 tahun mewujud saat Indonesia mengalahkan tim bulutangkis China dengan skor telak 3-0.

Tiga poin kemenangan Indonesia didapat dari kemenangan tunggal pertama, Anthony Sinisuka Ginting; ganda putra pertama, Fajar Alfian/M Rian Ardianto, dan tunggal kedua, Jonatan Christie.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com