Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com

Wartawan Kompas. Pernah bertugas di Surabaya, Yogyakarta dan Istana Kepresidenan Jakarta dengan kegembiraan tetap sama: bersepeda. Menulis sejumlah buku tidak penting.

Tidak semua upaya baik lekas mewujud. Panjang umur upaya-upaya baik ~ @beginu

Selalu Sisipkan Keragu-raguan untuk Setiap Klaim Kebenaran

Kompas.com - 19/10/2021, 09:10 WIB
Tunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat merayakan kemenangan atas Anders Antonsen pada semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10/2021). Jojo menjadi salah satu penyumbang poin yang mengantarkan Indonesia meraih kemenangan 3-1 atas Denmark. BadmintonPhoto/Yves LacroixTunggal putra Indonesia Jonatan Christie saat merayakan kemenangan atas Anders Antonsen pada semifinal Piala Thomas 2020 di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, Sabtu (16/10/2021). Jojo menjadi salah satu penyumbang poin yang mengantarkan Indonesia meraih kemenangan 3-1 atas Denmark.

HAI, apa kabarmu?

Semoga kabarmu baik. Musim hujan yang makin kerap datang semoga menambah kegembiraan, menambah kebaikan, bukan sebaliknya.

Berbeda dengan pengalaman kegembiraan yang mengikuti hujan di kampung halaman, hujan kerap memunculkan perasaan khawatir untuk banyak warga yang tinggal di perkotaan.

Terlebih jika hujan itu turun saat aktivitas di perkotaan dimulai atau diakhiri. Seperti Senin (18/10/2021), saat hujan turun merata di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak dini hari.

Aktivitas yang kembali normal karena kemampuan kita semua mengendalikan pandemi menemui wujud normalnya, Senin pagi.

Salah satu kekhawatiran karena hujan mewujud. Macet terjumpai di mana-mana karena kekecauan tiba-tiba menyeruak. Salah satunya, para pengendara sepeda motor berjajar berteduh di bawah jembatan penyeberangan.

Kapan terakhir kegembiraanmu membuncah saat hujan turun? Kalau lebih banyak kekhawatiran daripada kegembiraan karena hujan, perlu dicek apa sumber kekhawatiran itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut perkiraan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan akan lebih kerap datang karena musimnya sudah tiba.

Musim hujan 2021 datang lebih awal di sebagian besar wilayah Indonesia. Saat ini adalah masa peralihan menuju musim hujan itu. 

Ilustrasi hujan, musim hujanShutterstock Ilustrasi hujan, musim hujan
Jika sumber kekhawatiran tidak ditemukan, musim hujan yang biasanya berlangsung beberapa bulan bisa jadi gangguan atau tekanan mental terus menerus.

Temukan gembiramu karena hujan seperti para petani di desa-desa yang menatap penuh gembira dan rasa syukur karena hujan yang turun dari langit akan menyuburkan tanah-tanah pertanian. 

Oya, soal kegembiraan di tengah musim hujan yang datang, kita mendapatkannya serentak Minggu (17/10/2021) malam.

Tim bulutangkis Indonesia memenangkan kejuaraan Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhus, Denmark.

Upaya gigih dan panjang menjadi juara selama 19 tahun mewujud saat Indonesia mengalahkan tim bulutangkis China dengan skor telak 3-0.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.