Kompas.com - 11/10/2021, 15:29 WIB
Tangkapan layar informasi Beasiswa Santri dan Kader Ulama 2021 Akun resmi Instagram LPDP/@lpdp_riTangkapan layar informasi Beasiswa Santri dan Kader Ulama 2021

KOMPAS.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka program Beasiswa Santri dan Kader Ulama 2021.

Ini merupakan beasiswa jenjang magister dan doktoral yang dikelola Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), bekerjasama dengan Kementerian Agama, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dengan pembiayaan LPDP.

Pendaftaran secara online melalui laman situs Pendaftaran Beasiswa LPDP, https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id, sudah dapat dilakukan hingga 22 Oktober mendatang.

Adapun perguruan tinggi tujuan dari beasiswa ini yaitu Institut PTIQ Jakarta, dengan program studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, baik untuk magister maupun doktor.

Berikut syarat dan cara daftar beasiswa santri dan kader ulama 2021:

Baca juga: Cair Hari Ini, Ini Cara Cek Bantuan Kuota Kemendikbud Oktober 2021

Syarat beasiswa santri dan kader ulama 2021

Melansir situs resmi, berikut persyaratan pendaftar Beasiswa Kader Ulama LPDP 2021:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Syarat umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Telah menyelesaikan studi program diploma empat (D4) atau sarjana (S1) untuk beasiswa magister, dan program magister (S2) untuk beasiswa doktor.
  • Tidak sedang menempuh studi (on going) program magister untuk tujuan program magister ataupun doktor untuk tujuan program doktor baik di perguruaan tinggi dalam negeri maupun perguruan tinggi di luar negeri
  • Pendaftar yang telah menyelesaikan studi magister (S2) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa magister dan pendaftar yang telah menyelesaikan studi doktor (S3) tidak diizinkan mendaftar pada program beasiswa doktor
  • Memilih perguruan tinggi tujuan dan program studi sesuai dengan ketentuan LPDP
  • Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler dan tidak diperuntukkan untuk kelas-kelas sebagai berikut: kelas eksekutif, kelas khusus, kelas karyawan, kelas jarak jauh, kelas yang diselenggarakan bukan di perguruan tinggi induk, kelas internasional khusus tujuan dalam negeri, kelas yang diselenggarakan di lebih dari 1 negara perguruan tinggi; atau kelas lainnya yang tidak memenuhi ketentuan LPDP
  • Mengisi profil diri pada formulir pendaftaran online
  • Menulis personal statement
  • Menulis komitmen kembali ke Indonesia dan rencana kontribusi di Indonesia pasca studi
  • Menulis proposal penelitian bagi pendaftar program pendidikan doktor.

Baca juga: Update Corona Dunia 11 Oktober: 238 Juta Kasus | Risiko Ganda jika Terkena Flu dan Covid-19

Syarat khusus

Beberapa syarat khusus bagi pendaftar beasiswa sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran beasiswa melalui laman https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/, pilih menu beasiswa S2/S3, lalu klik daftar pada menu "Targeted"  
  • Memilih salah satu program, yaitu program magister (S2) Pendidikan Kader Ulama, program magister (S2) Pendidikan Kader Ulama Perempuan, atau program doktor (S3) Pendidikan Kader Ulama
  • Tidak sedang menempuh (on going) atau telah menyelesaikan studi degree atau non degree program magister (untuk pendaftar program magister) ataupun doktor (untuk pendaftar program doktor) baik di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi di luar negeri
  • Mengunggah surat rekomendasi dari pimpinan, tokoh atau pakar di bidang keagamaan sesuai format
  • Bersedia menandatangani/menyetujui surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit
  • Memenuhi ketentuan batas usia pendaftar per 31 Desember di tahun pendaftaran, dengan pendaftar jenjang magister maksimal 40 tahun dan pendaftar jenjang doktoral paling tinggi 45 tahun.
  • Mengunggah dokumen Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan ketentuan sebagai berikut:
    - Pendaftar jenjang magister memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,00 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
    Pendaftar jenjang doktoral memiliki IPK pada jenjang studi sebelumnya sekurang-kurangnya 3,25 pada skala 4 atau yang setara yang dibuktikan dengan transkrip nilai asli atau telah dilegalisir.
  • Untuk pendaftar Lulusan Luar Negeri, nilai IPK dikonversi ke skala 4 melalui tautan https://www.scholaro.com/gpa-calculator/ atau hasil penyetaraan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan hasil konversi atau hasil penyetaraan diunggah/dilampirkan bersamaan dengan transkrip nilai
  • Khusus untuk pendaftar jenjang pendidikan Doktoral yang lulusan program magister hanya melakukan penelitian dan tidak memiliki IPK, wajib melampirkan ijazah, hasil sidang penelitian, dan transkrip nilai
  • Mengunggah dokumen sertifikat kemampuan bahasa Inggris yang masih berlaku dan diterbitkan oleh ETS (www.ets.org), PTE Academic (www.pearsonpte.com), IELTS (www.ielts.org), Duolingo English Test (englishtest.duolingo.com), atau Test of English Proficiency/TOEP (plti.co.id) dengan ketentuan sebagai berikut:
    - Pendaftar program magister skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 400, TOEFL iBT® 33, PTE Academic 30, IELTS™ 4.5, Duolingo English Test 65, TOEP 36.
    - Pendaftar program doktor skor minimal kemampuan bahasa Inggris TOEFL ITP® 450, TOEFL iBT® 45, PTE Academic 36, IELTS™ 5.0, Duolingo English Test 75, TOEP 46.
  • Sertifikat TOEFL ITP yang berlaku harus berasal dari lembaga resmi penyelenggara tes TOEFL ITP di Indonesia.

Baca juga: NIK Jadi NPWP, Bagaimana Cara Screening yang Wajib Bayar Pajak?

Skema beasiswa

Program beasiswa jenjang magister satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 24 (dua puluh empat) bulan, dan doktoral satu gelar (single degree) dengan durasi studi paling lama 48 (empat puluh delapan) bulan.

Penyelenggaraan studi dilakukan dalam kelas reguler di Institut PTIQ Jakarta dan peserta wajib tinggal di asrama yang disediakan.

Komponen biaya yang diberikan

Penerima beasiswa akan mendapatkan biaya pendidikan dan biaya pendukung.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.