[HOAKS] Situs Pedulilindungiq dan Minta Dana Rp 1 Juta untuk Vaksin Covid-19

Kompas.com - 09/10/2021, 17:30 WIB
Tangkapan layar unggahan yang menampilkan situs pedulilindungiq. FacebookTangkapan layar unggahan yang menampilkan situs pedulilindungiq.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

 

KOMPAS.com - Sebuah unggahan yang membagikan tangkapan layar situs pedulilindungiq.com dan meminta dana Rp 1 juta untuk vaksinasi Covid-19 beredar di media sosial Facebook pada Rabu (6/10/2021).

Disebutkan bahwa dana tersebut bisa ditransfer ke nomor rekening tertentu.

Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan, situs pedulilindungiq.com bukan milik pemerintah dan bukan situs resmi.

Narasi yang beredar

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi adanya situs pedulilindungiq.com yang meminta dana sebesar Rp 1 juta untuk vaksinasi Covid-19 diunggah oleh akun Facebook ini.

Tangkapan layar unggahan yang menampilkan situs pedulilindungiq.Facebook Tangkapan layar unggahan yang menampilkan situs pedulilindungiq.

Unggahan itu dibagikan pada sebuah grup publik "Sekilas Info Kota Banjar".

Pengunggah tidak menuliskan narasi apa pun, dan hanya membagikan foto tangkapan layar tampilan situs pedulilindungiq.com.

Narasi yang terlihat pada tangkapan layar tersebut sebagai berikut:

"Pasokan vaksin covid-19 sudah diatur, dengan dana sebesar 1000000 rupiah, dan bisa langsung membuat janji untuk sukses dan mengatur inokulasi rumah sakit terdekat dalam waktu sepuluh hari!

Nama: miming lestari
Bank: BCA
Account: 5990338746

Klik tombol ini untuk mengirimkan audit jika pembayaran telah dilakukan." 

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.